Kunjungan Wisman Meningkat, Menaker Yakin Dapat Tekan Pengangguran

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 14 Nov 2022 12:00 WIB

Kunjungan Wisman Meningkat, Menaker Yakin Dapat Tekan Pengangguran

i

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyebut bahwa kembali tumbuhnya wisatawan di Bali pascapandemi Covid-19 baik nusantara maupun mancanegara akan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia dan menekan angka pengangguran.

"Dengan tumbuhnya kembali wisatawan maka insyaallah pengangguran kita tekan. Teman-teman yang sempat di rumahkan, bahkan di PHK akibat pandemi Covid-19 bisa bekerja kembali," kata Ida pada Senin (14/11/2022).

Baca Juga: Tarik Kunjungan Wisatawan, Kemenperin Luncurkan 110 Event Unggulan di KEN 2024

Terlebih lagi, Indonesia tengah menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, dan Bali sebagai daerah yang terpilih untuk pelaksanaan ajang internasional tersebut.

Kesiapan Indonesia, khususnya Bali sebagai tuan rumah perhelatan internasional ini menunjukkan bahwa Bali siap menerima kunjungan wisatawan dari berbagai negara.

Baca Juga: Libur Nataru 2024 Sumbang Rp120 Triliun ke Ekonomi Nasional

"Dengan adanya perhelatan di Bali ini, insya Allah Bali bangkit," ujarnya.

Ida menyampaikan, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor usaha yang yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19, khususnya pariwisata di Bali. Dampak dari pandemi Covid-19 terlihat pada penurunan kunjungan wisatawan luar negeri dan dalam negeri ke provinsi yang memiliki julukan Pulau Dewata tersebut.

Baca Juga: Sering Dikunjungi Wisatawan, Wawali Armuji Ungkap Potensi Ekonomi Warga

"Sektor pariwisata memang sektor yang terdampak ketika pandemi Covid-19, tetapi dengan pemerintah pusat yang selalu menempatkan Bali sebagai tempat pertemuan, perekonomian di sektor pariwisata yang ada di Bali ini dapat bangkit lagi," ucapnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada periode Januari-September 2022, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Indonesia sebanyak 2,27 juta kunjungan, naik 2.530 persen secara tahunan (yoy). Sementara itu, 1,18 juta kunjungan atau 52,25 persennya menuju ke Bali. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU