Kunjungi Stand Pameran, DPRD Kota Mojokerto Bangga Produk UMKM Diserbu Pembeli

Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto, Sonny Basoeki Rahardjo saat berkunjung ke stand pameran Kota Mojokerto.SP/Dwi AS

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto -  Komisi I DPRD Kota Mojokerto meninjau stand pameran Indo Smart City Forum dan Expo (ISCFE) 2021 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSi) di Ballroom Rich Hotel Yogyakarta, Kamis (14/10) siang. 

Kunjungan komisi bidang Hukum dan  pemerintahan ini disambut langsung Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Mojokerto, Gaguk Tri Prasetya dan Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan (Diskopukmperindag) Ani Wijaya.

Koordinator Komisi I DPRD Kota Mojokerto, Sonny Basoeki Rahardjo menyampaikan apresiasi. Pameran itu diharapkan membangkitkan kembali gairah pelaku UMKM di Bumi Majapahit. Sehingga dapat mengembangkan usaha dan menjadi lebih kompetitif. 

"Ini adalah salah satu terobosan yang sangat diperlukan untuk membangkitkan ekonomi di tengah pandemi,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto ini juga menjelaskan, masyarakat dan pelaku UMKM pun harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Utamanya memanfaatkan teknologi bisnis di era new normal. “Perkembangan teknologi sangat pesat. Kalau ingin maju harus bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman,” ujarnya.

Ia menambahkan, adaptasi sekaligus transformasi usaha di tengah perkembangan teknologi, pelaku UMKM diminta lebih kompetitif, pihaknya berencana membuat regulasi sehingga produk para pelaku UMKM menembus pasar modern.

WhatsApp_Image_2021-10-14_at_14.04.31

Senada dikatakan, Riza Ibnu Yulianto, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Mojokerto. Ia menjelaskan keikutsertaan UMKM Kota Mojokerto dalam event tahunan Apeksi ini merupakan hal yang positif. Ia berharap segala potensi UMKM dapat lebih dikembangkan sehingga nantinya bisa memunculkan banyak produk unggulan Kota Mojokerto.

"Tadi kita melihat sendiri kepiawaian pengrajin alas kaki asal Kota Mojokerto. Dengan cekatan mereka bisa melayani pembeli dengan merakit sepatu satu jam langsung jadi," pujinya.

Terpisah Kepala Diskopukmperindag Kota Mojokerto, Ani Wijaya mengucap terima kasih atas kunjungan wakil rakyat. Ia menyebut saat ini pihaknya sedang fokus melakukan ikhtiar digitalisasi UMKM, di tengah turbulensi ekonomi akibat pandemi Covid-19.  

“Jika dilihat dari permasalahannya, hampir sebagian besar pelaku UMKM mengalami kendala dalam pemasaran saat pandemi. Kondisi ini diperparah dengan pemberlakuan PPKM Darurat," ujarnya.

Oleh karenanya, pihaknya melakukan upaya masif guna mengubah strategi berdagang konvensional pelaku UMKM ke digital. Di antaranya, dengan peningkatan literasi digital, pelatihan inkubasi wirausaha, pendampingan, dan workshop. 

"Saat ini kita sudah memiliki website Griya UMKM yang didalamnya memuat puluhan produk UMKM Kota Mojokerto. Masyarakat bisa berbelanja secara online melalui web tersebut," pungkasnya. Dwi