Kurangi Emisi, PT Malindo Hibahkan 20 Motor Listrik kepada Polrestabes Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 15 Nov 2022 13:11 WIB

Kurangi Emisi, PT Malindo Hibahkan 20 Motor Listrik kepada Polrestabes Surabaya

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Polrestabes Surabaya mendapat hibah 20 motor listrik dari perusahaan motor listrik di Jawa Timur, PT Malindo dan beberapa pengusaha di Surabaya.

Kasatlantas Polres Surabaya, Kompol Arif Fazlurrahman mengatakan, motor listrik yang diberi oleh sejumlah pengusaha tersebut adalah untuk mendukung kebijakan Inpres nomor 7 tahun 2022 tentang kendaraan listrik,  yakni agar instansi pemerintah menggunakan kendaraan listrik untuk mengurangi emisi.

Baca Juga: Polrestabes Surabaya Siapkan 155.165 Personel

"Kami Satlantas Polrestabes Surabaya mewakili bapak Kapolrestabes Surabaya mengucapkan rasa syukur terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para pihak yang sudah berinisiatif membantu dan mensuport Kepolisian," kata Arif di Mapolrestabes Surabaya, Jawa Timur, Selasa (15/11/2022),

Dengan hibah 20 motor listrik itu, kata Arif, negara tak perlu menggunakan anggarannya untuk pengadaan motor listrik.

"Ini hibah PT Malindo perusahaan yang bergerak di industri listrik yang bergerak di Jatim dan didukung oleh rekan-rekan pengusaha lainnya, ada pak Pak Sutandi dan lainnya," ujar Arif.

Baca Juga: 8 Remaja Diduga Gangster Diamankan saat Hendak Konvoi

Sementara itu, Direktur PT Malindo, Setiajit mengatakan, motor listrik yang dihibahkan itu memiliki kecepatan yang tidak terlalu tinggi. Sehingga angka kecelakaan pun dapat ditekan.

"Misal yang gede itu maksimal 110 km/jam. Bebek itu 80 km/jam jadi betul jangan sampai nanti menambah angka kecelakaan," ucap Sutiajit.

Kapasitasnya juga tak kalah bagusnya dengan kendaraan Bahan Bakar Minyak (BBM). Kendaraan tersebut hanya dicas selama tiga jam dan menghasilkan 3000 Watt.

Baca Juga: Dalami Korupsi Pembangunan Gedung Pemkab, KPK Periksa Eks Ketua DPRD Lamongan

"Dan itu (jaraknya) bisa untuk 70 sampai 80 kilometer. menurut saya sangat hemat dan hanya menghabiskan uang Rp4 ribu. Kemampuan sama yang fosil sama," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu pengusaha, Sutandi Purnomosidi mengatakan, hibah motor yang diberikan itu adalah bentuk kepercayaan pengusaha kepada Polri. Jika nantinya 20 motor tersebut bisa semakin memberikan manfaat bagi masyarakat, pihaknya akan kembali menggelontor bantuan motor listrik.

"Kalau nanti masyarakat semakin merasakan rasa aman dan nyaman itu, mungkin 1.000 motor kita akan siapkan. Saya rasa ini menjadi satu pionir, Polrestabes ini mulai menjalankan patroli dengan motor listrik, tentu selaras dengan upaya pengurangan emisi," pungkasnya. ari

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU