Kurangi Jumlah Pengangguran, Pemkab Mojokerto Gelar Job Fair 2022

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 28 Jun 2022 16:29 WIB

Kurangi Jumlah Pengangguran, Pemkab Mojokerto Gelar Job Fair 2022

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Dalam rangka menekan angka pengangguran yang ada di Kabupaten Mojokerto, Pemerintah Kabupaten Mojokerto melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Mojokerto menggelar Job Fair di SMKN 1 Pungging yang secara langsung dibuka oleh Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, Selasa (28/6) pagi. 

Job Fair yang pertama kali diadakan di tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Menggandeng 15 perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Mojokerto. Job Fair yang diikuti 11.048 pelamar ini nanti akan diseleksi dan diambil 527 orang saja untuk bergabung di 15 perusahaan tersebut. 

Baca Juga: Pemkab Mojokerto Gelontorkan Bantuan Cadangan Pangan Untuk 6 Desa Terdampak Banjir

Dalam sambutannya dan arahannya,  Ikfina mengatakan, Job Fair 2022 ini digelar dengan tujuan untuk memberikan solusi pada permasalahan ketenagakerjaan di Kabupaten Mojokerto. Hal ini mengingat masih ada 5,54 persen tingkat pengangguran yang harus dikurangi. 

"Bahwa kita masih mempunyai tanggungan, 5,54 persen tingkat pengangguran terbuka yang ini sebanyak 35.033 orang yang dinyatakan sebagai tenaga kerja yang masih membutuhkan pekerjaan," ujarnya. 

Masih Ikfina, Ia menjelaskan, dunia saat ini sudah bergeser pada revolusi industri 5.0, dimana kemampuan memanfaatkan teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam berlangsungnya era society 5.0.

"Saat ini yang akan bisa bertahan dan akan bisa sukses adalah mereka yang bisa melakukan dengan cepat, bukan lagi mereka yang berukuran besar, nah makannya tidak ada lain yang bisa membuat kita cepat dalam melaksanakan berbagai hal, kecuali kita menguasai ilmu pengetahuan teknologi informasi," tuturnya. 

Baca Juga: Bupati Mojokerto Kembali Launching 'Wulandari' di Pasar Kedungmaling

Selain itu, orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto ini juga menjelaskan, tidak hanya fokus terhadap pengembangan industri saja. Namun juga dibutuhkan kehadiran para petani milenial untuk membawa perubahan pada sektor pertanian dan peternakan. 

"Yang kemudian bisa memasarkan dan membutuhkan semua jenis kebutuhan untuk pertanian secara online, petani milenial dan ini kita butuhkan, belum lagi UMKM saat ini bahwasanya sekarang ini dalam koneksi digital, dengan perkembangan teknologi informasi memang ribuan pekerjaan tidak akan dibutuhkan lagi, tetapi dengan teknologi informasi yang begitu cepat ini ribuan pekerjaan juga dibutuhkan," ujarnya. 

Lebih lanjut, Ikfina juga mengimbau, untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maju, negara membutuhkan orang-orang yang tangguh dan yang mau merubah mindsetnya untuk selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman. 

Baca Juga: Hadiri Raker PKK, Bupati Ikfina Jelaskan Soal Mandatory Spending

"Ini harus menjadi perhatian kita semuanya bahwa saat ini dunia ini butuh orang-orang yang tangguh, negara kita butuh anak bangsa yang tangguh yang mau berjuang, yang mau mempertahankan bagaimana Indonesia ini tetap bisa produktif dan mandiri, tidak tergantung pada kekuatan negara lain," bebernya.

Di akhir sambutan, Ikfina berharap bahwa Job Fair Kabupaten Mojokerto tahun 2022 ini bisa berjalan dengan lancar dan baik, dan semua yang hadir disini mendapatkan kesempatan untuk melakukan hal yang positif, kesempatan untuk mendapatkan pengalaman yang positif, dan kesempatan untuk selalu menjadi produktif. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU