Kurma Mengandung Gula Alami Berkhasiat Obati DBD

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 21 Apr 2021 10:22 WIB

Kurma Mengandung Gula Alami Berkhasiat Obati DBD

i

Sari Kurma. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Musim pancaroba telah tiba, tandanya harus mulai waspada dengan penyakit DBD. Demam berdarah (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue. Penularan penyakit ini diperantarai oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus yang membawa virus tersebut. 

Kepala Unit Gizi RS JIH Solo, Himaa Aliya, S.Gz, menjelaskan prinsip pengobatan infeksi virus dengue sebenarnya hanya pada pemberian cairan yang cukup. 

Baca Juga: Cek Kesehatan Gratis, Balai RW 02 Pos Mawar 1 Dukuhsari Jabon Gelar Posyandu Lansia

Oleh sebab itu, para penderita DBD penting untuk minum air putih yang banyak. Selain itu, menurut dia, pengidap DBD juga harus mendapatkan asupan makanan seimbang antara sayur, buah dan lauk. 

Himaa menerangkan kurma mengandung gula alami, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Konsumsi kurma diyakini dapat mengembalikan energi tubuh pada penderita DBD. 

Zat besi pada kurma secara alami juga dapat menambah jumlah trombosit dalam tubuh. Sehingga pada dasarnya sari kurma ini bukanlah obat penyembuh virus dengue. Di dalam sari kurma mengandung banyak sekali vitamin seperti vitamin B1, B2, B3, B5 A, C dan juga mineral seperti zat besi, kalsium, fosfor, potasium, magnesium, dan zink.

Tetapi pada dasarnya, sari kurma ini hanya bersifat membantu mempercepat proses penyembuhan saja, bukan mematikan virus dan menyembuhkan total. Biasanya, orang yang mengalami demam berdarah juga akan merasakan badan lemas yang cukup parah dan kehilangan nafsu makan.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Virus PMK, Pemprov Jatim Bagikan Satu Juta Vaksin

Ditambah lagi dengan gejala seperti mual dan muntah, penderita demam berdarah akan terganggu kecukupan nutrisi hariannya. Selain dikenal dengan kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi, kerena sari kurma juga mengandung kalori yang cukup tinggi.

Ketika kebutuhan kalori harian tercukupi, secara otomatis tubuh akan memiliki cadangan energi yang lebih banyak dan memiliki kesempatan sembuh yang lebih cepat. Bila diseimbangkan dengan banyak minum air putih dan makan makanan bergizi, pasti tak butuh waktu lama untuk membuat trombosit menjadi naik.

Yang perlu diingat, setelah mengonsumsi sari kurma, jangan lupa minum air putih hangat agar tidak mual. Sebab, bagi sebagian orang, teksturnya yang sangat kental dan rasanya yang amat manis justru bisa memicu mual. Dsy2

Baca Juga: Ajak Masyarakat Hidup Sehat, Kades Wonokalang Cetuskan Budaya Senam Bersama

 

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU