Laga Persib vs Persebaya 3-2, Antarkan Maung Bandung ke Semifinal

Laga Persib vs Persebaya pada perempat final Piala Menpora 2021 yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Laga Persib vs Persebaya yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Minggu (11/4/2021) malam WIB itu berakhir dengan skor 3-2. Hasil pertandingan Persib Bandung vs Persebaya Surabaya pada perempat final Piala Menpora 2021 mengantarkan Maung Bandung ke semifinal.

Hasil ini mengantarkan Persib Bandung ke semifinal Piala Menpora 2021. Selanjutnya, klub berjulukan Maung bandung itu akan bertemu pemenang duel antara PSS Sleman dan Bali United. Gol-gol yang membawa Persib meraih kemenangan dicetak oleh Ezra Walian (1'), Wander Luiz (6'), dan Nick Kuipers (37'). Adapun sepasang gol untuk Persebaya dibukukan oleh Arif Satria (62') dan Mokhamad Syaifuddin (90+3').

Persib Bandung tampil menekan sejak peluit kick-off dibunyikan. Bahkan, serangan pertama mereka mampu berbuah sepak pojok. Sepak pojok pertama dari Persib Bandung kemudian menghasilkan gol pembuka bagi klub berjulukan Maung Bandung tersebut.

Dalam prosesnya, Ezra Walian menerima bola setelah sepak pojok rekannya gagal diantisipasi dengan sempurna oleh bek Persebaya. Ezra Walian pun langsung melancarkan sepakan melengkung yang tak mampu dihalau kiper Persebaya, Satria Tama. Persib unggul 1-0 ketika laga baru berjalan 39 detik.

Gol Ezra Walian menjadi yang tercepat pada Piala Menpora 2021. Maung Bandung belum puas dengan keunggulan 1-0. Berselang lima menit kemudian, mereka mencetak gol kedua lewat kerjasama apik antara Frets Butuan dan Wander Luiz. Wander Luiz menggetarkan gawang Persebaya setelah memanfaatkan asisst Frets Butuan yang bergerak di sisi kiri penyerangan Persib.

Setelah itu, Persebaya mulai melancarkan inisiatif serangan. Mereka mencoba untuk secepat mungkin memangkas ketinggalan gol dari Persib. Namun, peluang yang dilahirkan para pemain Persebaya selalu bisa dihalau oleh barisan pertahan Persib. Saat asyik menyerang, Persebaya justru kembali kebobolan pada menit ke-37.

Berawal dari sepak pojok, Nick Kuipers yang lolos dari penjagaan mampu menanduk bola dan mengubah kedudukan menjadi 3-0. Kala babak pertama memasuki injury time, kiper Persebaya, Satria Tama diganjar kartu merah karena dianggap menyentuh bola di luar kotak penalti. Tak lama setelah itu, babak pertama berakhir dan skor 3-0 untuk keunggulan Persib Bandung pun tak berubah.

Pada babak kedua, Persebaya memainkan Samsul Arif yang diharapkan bisa menambah daya serang skuad Bajul Ijo. Hasilnya, mereka mampu menciptakan beberapa peluang di tengah dominasi Persib.

Kala laga memasuki menit ke-62, Persebaya mampu mencetak gol lewat skema bola mati. Umpan dari Alwi Slamat disambut sundulan Arif Satria yang memenangi duel udara. Kiper Persib, Teja Paku Alam, pun tak mampu menjangkau bola hasil sundulan Arif Satria. Alhasil, kedudukan berubah menjadi 3-1.

Tak lama setelah itu, terdapat insiden di depan kotak penalti Persib Bandung. Wander Luiz terlihat menyentuh wajah salah satu pemain Persebaya saat tendangan bebas di depan kotak penalti Persib hendak dilancarkan. Wasit yang bertugas langsung bertindak tegas dengan memberikan kartu merah kepada Wander Luiz.

Setelah itu, Persebaya terus berupaya mengejar ketinggalan gol dari Persib Bandung. Pelatih Persebaya, Aji Santoso, juga memasukkan pemain dengan kemempuan meneyrang yang baik, Supriadi.

Ketiga laga memasuki injury time, tepatnya menit ke-90+3, Persebaya mampu mencetak gol kedua lewat sundulan Mokhamad Syaifuddin. Namun, Persebaya tak memiliki cukup waktu untuk menyamakan kedudukan. Skor 3-2 untuk keunggulan Maung Bandung pun bertahan hingga peluit panjang tanda berakhirnya laga Persib vs Persebaya.

Susunan Pemain Persib vs Persebaya:

Persib (4-1-2-3): 14-Teja Paku Alam (GK); 12-Henhen Herdiana (22-Supardi 78'), 2-Nick Kuipers, 32-Victor Igbonefo, 3-Ardi Idrus; 11-Dedi Kusnandar (16-Achmad Jufriyanto 78'); 30-Ezra Walian, 5-Farshad Noor; (7-Beckham Putra 61') 13-Febri Hariyadi (93-Erwin Ramdani 61'), 9-Wander Luiz, 21-Frets Butuan.

Pelatih: Robert Rene Alberts

Persebaya (4-3-2-1): 86-Satria Tama (GK); 33-Koko Ari, 32-Rizky Ridho, 24-Arif Satria, 88-Alwi Slamat; 96-M Hidayat (21-Ernando Ari 45+3), 13-Rachmat Irianto, 23-Ady Setiawan (57-Akbar Formansyah 46'); 7-Marselino Ferdinan (11-Supriadi 64'), 17-Ricky Kambuaya; 15-Rifaldi Bawuo (9-Samsul Arif 46').

Pelatih: Aji Santoso. Dsy3