Lagi, 19 Warga Gresik Terpapar Virus Corona, Total 266 Orang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 11 Jun 2020 21:18 WIB

Lagi, 19 Warga Gresik Terpapar Virus Corona, Total 266 Orang

i

Ilustrasi virus

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Sesuai prediksi dalam 2 sampai 3 pekan ke depan jumlah pasien konfirmasi positif corona di Gresik bakal meningkat. Pasalnya, satgas Covid-19 Gresik saat ini masih menunggu hasil swab test massal beberapa klaster baru dan sisa klaster besar sebelumnya.

Menurut Bupati Sambari Halim Radianto selaku Ketua Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Gresik, lonjakan angka pasien terpapar virus corona tidak ada korelasinya dengan berakhirnya masa penerapan PSBB.

Baca Juga: Korban Gempa di Bawean dan Tuban Terima Bantuan

Karena lonjakan itu merupakan hasil rapid test massal secara masif pada klaster-klaster yang rentan terpapar. Yang hasilnya reaktif langsung ditindaklanjuti dengan swab test. Hasil pemeriksaan PCR inilah yang masih ditunggu pada pekan-pekan depan.

Pada Kamis (11/6) ini saja, sesuai laporan Jurubicara Satgas Covid-19 drg Saifudin Ghozali melalui Kabaghumas dan Protokol Setkab Reza Pahlevi dalam rilisnya kepada awak media, menyebutkan, ada tambahan 19 warga Gresik yang terinfeksi virus corona.

"Tambahan pasien positif 19 orang. Berasal dari klaster Surabaya 5 orang, klaster Pasar Gresik atau Krempyeng 3 orang, klaster transmisi lokal 5 orang. Sedangkan 6 orang lainnya masih proses tracing mendalam," ungkap Reza merinci sumber klaster penularan pada pasien yang dinyatakan konfirmasi positif pada hari ini.

Rincian asal ke-19 pasien tersebut adalah :
5 orang dari Kecamatan Manyar (Desa Sukomulyo 2, Desa Yosowilangon 2, dan Desa Manyar Sidorukun 1).

Lalu 6 orang dari Kecamatan Kebomas (Kelurahan Sidomoro 2, Desa Kembangan 1, Desa Sekarkurung 1, Desa Dahanrejo 1, dan Desa Randuagung 1).

Kemudian 3 orang dari Kecamatan Gresik (ketiganya dari Kelurahan Sidokumpul).

Baca Juga: Melalui Mudik Gratis, Pemkab Gresik Jemput 326 Santri Ponpes Tebu Ireng

Lantas 2 orang dari Kecamatan Duduksampeyan (Desa Sumari 1 dan Desa Tebaloan 1).

Juga ada 2 orang dari Kecamatan Cerme (Desa Ngabetan 1 dan Desa Cerme Kidul 1).

Terakhir 1 orang dari Kecamatan Benjeng (Desa Dermo).

Selain melaporkan penambahan kasus positif Covid-19, satgas juga menyampaikan ada 4 pasien positif corona yang dinyatakan sembuh.

Baca Juga: Pengusaha Pupuk Nekat Beroperasi di Lokasi Gudang Ilegal

Mereka berasal dari Kecamatan Kebomas sebanyak 2 orang, keduanya dari Desa Dahanrejo.

Kemudian masing-masing seorang dari Kecamatan Driyorejo (Desa Bambe) dan Kecamatan Gresik (Kelurahan Tlogopojok).

Dengan perubahan data hari ini maka total warga Gresik yang terpapar Covid-19 sudah mencapai 266 orang dari sebelumnya 247 orang.

Dari jumlah itu, sebanyak 43 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 27 orang sudah meninggal dunia. Sisanya, 196 orang kini tengah dalam perawatan di beberapa rumah sakit di Gresik, Surabaya dan Sidoarjo. did

Editor : Moch Ilham

Tag :

BERITA TERBARU