Lagi RS di Lamongan Bertambah, RSNU Diharapkan Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 20 Okt 2021 10:20 WIB

Lagi RS di Lamongan Bertambah, RSNU Diharapkan Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

i

Gubernur Jatim Khofifah saat menandatangani prasasti peresmian RSNU Babat. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYA PAGI, Lamongan - Lagi layanan kesehatan di Lamongan bertambah, seiring dengan telah diresmikannya Rumah Sakit  Nahdlatul Ulama (RSNU) oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada Selasa (19/10/2021).
 
Menurut Khofifah, peningkatan kualitas SDM sangatlah penting. Hal tersebut dipengaruhi oleh tiga hal yakni pendidikan, kesehatan, dan income. Berdirinya rumah sakit ini turut mengambil bagian dalam peningkatan SDM di Kabupaten Lamongan.
 
Khofifah juga berharap adanya RSNU ini akan mampu memberikan penguatan terhadap kualitas pelayanan kesehatan masyarakat. Selain itu, beliau juga menginginkan setidaknya RSNU yang baru melakukan grand opening ini dapat menjadi rumah sakit dengan status minimal tipe C 
 
“Mudah-mudahan RSNU di Babat ini akan bisa memberikan pengembangan, penguatan derajat kualitas pelayanan kesehatan masyarakat, dan saya tunggu pengembangannya supaya sudah tipe C minimal,” ujar Khofifah.
 
Bupati  Yuhronur Efendi mengatakan, saat ini IPM Kabupaten Lamongan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. IPM Lamongan mengalami kenaikan dari 72,57 di tahun 2019 menjadi 72,58 pada tahun 2020. Kenaikan ini didukung pula dengan kenaikan indeks pendidikan dari 0,637 di tahun 2019 menjadi 0,638 di tahun 2020, juga indeks kesehatan dari 0,804 menjadi 0,806. 
 
"Alhamdulillah, IPM Kabupaten Lamongan senantiasa mengalami kenaikan dari 72,57 tahun 2019 menjadi 72,58. Ini menunjukkan bahwa indeks pembangunan manusia di Kabupaten Lamongan yang dihitung dari indeks pendidikan, kesehatan, maupun kemampuan daya beli di Kabupaten Lamongan ini terus mengalami peningkatkan," terangnya.
 
IMG-20211019-WA0041IMG-20211019-WA0041
Gubernur Jatim saat melihat salah satu ruangan RSNU Babat.SP/MUHAJIRIN KASRUN
 
Hal tersebut juga kata pria yang biasa dipanggil Pak Yes ini tidak terlepas dari kontribusi seluruh pihak, termasuk salah satunya kehadiran RSNU Babat ini. Menurutnya, pemerintah tidak bisa sendirian dalam menjalankan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat, perlu adanya kerjasama dengan seluruh pihak agar pelayanan kesehatan ini dapat semakin baik kedepannya.
 
“IPM ini tentu atas kontribusi dari seluruh pihak, termasuk kehadiran daripada RSNU Babat ini yang tentu nantinya bersama Pemerintah Kabupaten Lamongan, bersama kita semua untuk ikut serta memberikan pelayanan kesehatan sebaik-baiknya bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Lamongan," ujarnya.
 
Bupati juga menambahkan, RSNU ini memang sangat diperlukan kehadirannya. “Kami pemerintah daerah sejak awal memang mendorong supaya rumah sakit ini segera operasional, karena kita memang secara bersama-sama memerlukan kehadiran rumah sakit ini,”pungkasnya.jir

Editor : Mariana Setiawati

Tag :

BERITA TERBARU