Lakukan Pemeliharaan GI Krian, PLN UIT JBM Jaga Keandalan Suplai Listrik ke Pelanggan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 16 Mar 2022 18:58 WIB

Lakukan Pemeliharaan GI Krian, PLN UIT JBM Jaga Keandalan Suplai Listrik ke Pelanggan

i

Petugas melakukan pemeliharaan gardu induk.

SURABAYAPAGI.COM, Malang - Gardu Induk (GI) sebagai perantara penyaluran energi listrik sebelum didistribusikan kepada pelanggan dari Saluran Udara Tegangan Tinggi/ Ekstra Tinggi (SUTT/SUTET) melalui Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) menjadi salah satu bagian yang signifikan.

Dalam menjaga keandalannya, pemeliharaan rutin tahunan selalu dilakukan oleh PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) terhadap seluruh infrastruktur kelistrikan di Jawa Timur dan Bali, seperti salah satunya yang dilakukan pada pemeliharaan Interbus Trafo (IBT) 4, yang kali ini dilakukan pada GI Krian bertegangan 500 kV.

Baca Juga: Stasiun Malang Dipadati Pemudik pada Masa Arus Balik

“Kami memiliki tugas untuk mengoperasikan serta memelihara infrastruktur kelistrikan yang bertegangan tinggi. Salah satunya GI yang terus kami pelihara agar pasokan listrik ke pelanggan tak mengalami kendala yang berarti” terang General Manager PLN UIT JBM Didik Fauzi Dakhlan.

Didik juga menambahkan, pemeliharaan pada IBT 4 GI Krian telah selesai dilakukan dalam agenda pemeliharaan rutin pada Senin (14/3). “IBT 4 pada GI Krian yang merupakan IBT Step Down (500 kV - 150 kV) telah selesai maintenance. Kami mengerahkan 35 personel dalam kegiatan pemeliharaan yang berlangsung selama satu hari” lanjut Didik.

Baca Juga: Pemudik Mobil Listrik Merasa Nyaman

IBT 4 pada GI Krian memiliki tugas untuk menyalurkan listrik ke Daerah Mojokerto dengan tegangan 150 kV yang kemudian disalurkan ke GI Sekarputih dan GI Tarik.  Tidak hanya itu, IBT 4 ini juga sebagai saluran yang menyuplai langsung ke Konsumen Tegangan Tinggi (KTT) seperti PT Tjiwi Kimia dan PT Ajinomoto.

“Kami berkomitmen untuk terus menjaga keandalan system untuk suplai langsung ke Konsumen Tegangan Tinggi, sebagai bentuk dukungan terhadap pergerakan perekonomian masyarakat”, ungkap Didik.

Baca Juga: Kisah Pemudik Mobil Listrik, Jakarta-Muara Enim

Melalui pemeliharaan rutin, PLN berupaya agar suplai pasokan listrik ke pelanggan dapat terus handal sebagai langkah pencegahan terhadap potensi gangguan. PLN berkomitmen agar keandalan sistem pasokan listrik dapat terus terjaga secara kontinyu dan konsisten. By

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU