Lamongan Bakal Gelar Pilkades Massal di 190 Desa, Begini Persiapannya

Khusnul Yaqin. SP/IST

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Pemilihan kepala desa secara massal di Kabupaten Lamongan akan digelar. Meski pelaksanaanya akan dilakukan pada bulan Agustus 2022. Namun tahapan untuk menggelar dan mensukseskan demokrasi di tingkat desa itu, mulai dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

Saat ini seperti disampaikan oleh Khusnul Yaqin Kepala Dinas PMD Lamongan, kepada surabayapagi.com, Selasa (7/9/2021) menyebutkan, kalau pihaknya saat ini sudah memulai mempersiapkan kebutuhan, mulai dari legalitas dan payung hukum berupa Peraturan Bupati (Perbup).

"Saat ini kami sudah mau mengajukan Peraturan Bupati (Perbup) untuk kepentingan pelaksanaan pemilihan kepala desa di 190 desa di Kabupaten Lamongan secara serentak," kata Khusnul panggilan akrab Kepala Dinas PMD ini menerangkan.

Selain persiapan mengajukan Perbup, pihaknya juga sudah memulai memetakan desa-desa yang dianggap rawan dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa, sehingga potensi itu bisa ditekan secara dini.

Pemilihan kepala desa serentak ini lanjutnya, sesuai dengan amanat UU sudah harus segera digelar, apalagi pada tahun 2022, mayoritas jabatan Kades habis, sehingga harus dilakukan gelaran pemilihan kepala desa secara serentak, seperti pada beberapa tahun sebelumnya.

"Menggelar pemilihan kades dengan 190 desa secara serentak dalam satu kali tahap pemilihan akan membutuhkan manajemen yang tidak sederhana, dan semua menuju itu sudah mulai kami persiapkan," jelasnya.

Sekedar diketahui, Kabupaten Lamongan sendiri sudah beberapa kali berpengalaman menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara massal. Namun baru di tahun 2019 tepatnya tanggal 17 September, Pilkades digelar serentak dengan jumlah terbanyak sekitar 385 desa yang dilaksanakan dalam satu hari, dan berjalan sukses.

Sebelumnya gelaran Pilkades secara massal juga pernah dilakukan yakni 381 desa pada 2013 dan 398 desa pada 2017, pelaksanaannya dibagi dalam tiga kali tahapan. jir