Langgar Prokes Covid-19 di Lamongan, Denda Maksimal 50 Juta

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 16 Sep 2020 10:05 WIB

Langgar Prokes Covid-19 di Lamongan, Denda Maksimal 50 Juta

i

Razia warga yang tidak bermasker di Lamongan. SP/ SJ

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Penegakan disiplin protokol kesehatan digelar Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lamongan menjaring pengendara yang tak bermasker di Jalan Basuki Rahmat, Rabu (16/9/2020).

Penegakan disiplin tersebut berdasarkan Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 35 Tahun 2020 tentang penerapan protokol kesehatan dan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 1 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Penyelenggaraan Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat.

Baca Juga: Dalami Korupsi Pembangunan Gedung Pemkab, KPK Periksa Eks Ketua DPRD Lamongan

Adanya sanksi administrasi bagi yang tidak memakai masker bisa dikenakan denda maksimal Rp 50 juta dan atau penjara maksimal tiga bulan bagi masyarakat yang tidak mematuhi peraturan protokol Kesehatan Covid-19 sesuai peraturan Perda.

Kapolres Lamongan AKBP Harun mengatakan, pada hari ini kami melakukan operasi yustisi penegakan Perda Nomor 2 Tahun 2020. Sasarannya pengguna jalan yang tidak mentaati protokol kesehatan atau tidak memakai masker.

Baca Juga: Berkah Ramadhan, 1000 Anak Yatim dan Disabilitas Lamongan Terima Santunan

"Pasal yang diterapkan yaitu Pasal 20, 27 dan 49 Perda Provinsi Jatim Nomor 02 tahun 2020 dengan denda maksimal Rp 50 juta atau kurungan penjara paling lama 3 bulan," katanya.

Sementara Ketua Pengadilan Negeri Lamongan, R Ari Muladi yang melakukan sidang di tempat mengatakan bahwa dirinya akan menindak pelanggar Perda tersebut dengan tegas, mengingat itu untuk kesehatan dan keselamatan masyarakat luas.

Baca Juga: Duhhh..Rp 11, 5 Miliar Bantuan Keuangan Pemdes Tahun 2023 di Lamongan Tak Kunjung Dicairkan

"Ini permulaan, jika nanti ada yang terus melanggar maka sanksi maksimal denda Rp 50 juta atau kurungan penjara maksimal 3 bulan akan diterapkan," ujarnya. Dsy4

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU