Lansia Tewas Diduga Sengaja Ceburkan Diri ke Sumur

Petugas saat mengidentifikasi jenazah korban.

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Seorang lansia di Kediri ditemukan tewas di dalam sumur yang tidak jauh dari rumahnya, Selasa (23/11). Korban diketahui bernama Sukemi (85), warga Desa Brumbung, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri.

Korban diduga sengaja bunuh diri dengan menceburkan diri ke dalam sumur karena depresi akibat penyakit yang tak kunjung sembuh.

Dari informasi yang didapat, sehari sebelumnya korban dikabarkan uring-uringan karena kesakitan akibat komplikasi penyakit yang dideritanya.

Dikonfirmasi kabar tersebut Kapolsek Kepung, Iptu Sarwo Edy membenarkan. Sebelumnya, kata Sarwo Edy, sekitar pukul 03.00 WIB korban masih diketahui berada di kamar tidurnya. Namun sekitar pukul 04.00 WIB saksi bernama Wawa mendapati bahwa korban sudah tidak di kamarnya.

“Karena curiga saksi Wawa langsung menghubungi saksi Sukodim untuk mencari keberadaan korban,” katanya.

Setelah itu, lanjutnya, kedua saksi mencari keberadaan korban di sekitar rumahnya. Dalam pencarian itu, saksi Sukodim curiga dengan kondisi sumur yang terbuka. Sebelumnya sumur itu selalu tertutup dengan asbes.

“Saat diperiksa, ternyata korban berada di dalam sumur dengan kondisi terapung dan meninggal dunia. Akhirnya, saksi melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kepung,” ungkapnya.

Sarwo Edi menambahkan, anggota yang menerima laporan mendatangi lokasi untuk olah tempat kejadian perkara (TKP) dan evakuasi korban di dalam sumur. Dari hasil pemeriksaan, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh Sukemi.

Berdasarkan keterangan dari keluarganya bahwa korban mengeluhkan sakit dan sering menyampaikan untuk mengakhiri masa hidupnya. Bahkan H-1 sebelum ditemukan meninggal, korban sempat marah dan merasakan kesakitan karena punya riwayat penyakit komplikasi.

“Keluarga korban menerima kejadian itu dengan ikhlas dan tidak dilakukan otopsi karena keluarga mengetahui permasalahan yang dialami korban,” pungkasnya.