Lantamal V Adakan Swab Antigen Gratis Bagi Warga Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 01 Mar 2021 18:50 WIB

Lantamal V Adakan Swab Antigen Gratis Bagi Warga Surabaya

i

Salah satu warga Surabaya saat melakukan swab antigen gratis dari Lantamal V/ .SP/SAMMY MANTOLAS

 

SURABAYAPAGI, Surabaya - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V mengadakan Swab antigen gratis bagi warga di kelurahan Ampel, Senin (01/03/2021).

Baca Juga: Lantamal V Bangun Sirkuit Motocross 4,5 Hektar di Mojokerto

Dari pantauan Surabaya Pagi di lapangan, kurang lebih ada sekitar 16 warga yang mengikuti pemeriksaan swab antigen gratis tersebut. 

Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, SE., MM., M.Soc., Sc, menyampaikan, pemberian swab tersebut guna membantu program pemerintah dalam penanggulangan virus covid-19.

"Kegiatan ini untuk membantu program pemerintah khususnya 3T yakni tindakan melakukan tes covid-19 atau testing, penelusuran kontak erat atau tracing dan untuk tindak lanjut perawatan pasien covid-19 atau treatment dilakukan di rumah sakit yang menjadi rujukan," kata Danlantamal V, Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, SE., MM., M.Soc., Sc,

Pengadaan swab gratis tersebut dilakukan menggunakan mobil Fast Laboratorium dan PCR Mobile Lantamal V. 

Lebih lanjut Danlantamal menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran TNI dan Polri dalam mendukung program pemerintah khususnya yang berkaitan dengan pencegahan penyebaran covid-19.

"Alhamdulillah para petugas covid tracer telah melaksanakan tugas secara baik, (semoga) ini bermanfaat bagi masyarakat," katanya

Baca Juga: Libur Nataru, Polres Batu Lakukan Swab Antigen Acak di Lokasi Wisata

Sebagai informasi, sebelumnya Lantamal V pada 25 Februari lalu telah memberikan vaksinasi kepada 330 lansia di Surabaya. Tindakan tersebut diharapkan mampu membantu pemerintah dalam mempercepat proses vaksinasi di Indonesia.

Sementara itu, Faisal, salah satu warga yang mendapatkan pemeriksaan swab gratis menyampaikan terimakasih kepada Lantamal V.

Menurut Faisal, kegiatan tersebut dapat membantu masyarakat khususnya kelas menengah ke bawah dalam melakukan pemeriksaan covid-19.

"Sekarang kalau mau tes saja harus bayar ratusan ribu. Jadi saya berterimakasih karena telah mengadakan pemeriksaan secara gratis," kata Faisal

Baca Juga: Kasus Aktif di Kantor Pemkot Surabaya Tidak Ditemukan

Ia berharap kedepannya, Lantamal V terus bergerak aktif dan turun ke masyarakat untuk melakukan pemeriksaan swab antigen gratis tersebut.

"Ya semoga ini terus dilakukan, karena masih banyak masyarakat yang belum diswab juga," ujarnya

Secara data statistik, jumlah tes Covid-19 di Indonesia baru mencapai 35,6 persen dari standar yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Secara perbandingan pemeriksaan covid-19 sekitar 1:1000 penduduk per minggu.sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU