Lantamal V Gelar Vaksinasi Massal 1000 Dosis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 18 Jul 2021 12:25 WIB

Lantamal V Gelar Vaksinasi Massal 1000 Dosis

i

Proses penyuntikan vaksin kepada warga di Pelabuhan Tanjung Perak. SP/Semmy Mantolas

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V menggelar vaksinasi covid-19 secara massal bagi warga di sekitar pelabuhan Tanjung Perak. 

Pelaksanaan vaksinasi tersebut dilakukan selama dua hari terhitung sejak Sabtu kemarin hingga hari ini, Minggu (18/07/2021).

Baca Juga: Jelang MPLS 2023, SMP Tenggilis Jaya Surabaya Hanya Punya 1 Siswa

Kepala Dinas penerangan (Kadispen) Lantamal V Kapten Eldhira saat dihubungi menyampaikan, pemberian vaksinasi kepada warga di Pelabuhan Tanjung Perak merupakan bentuk dukungan TNI AL kepada pemerintah mencapai 2 juta target vaksinasi per hari.

"Dosis yang diberikan kemarin sekitar 500, hari ini juga sama 500. Jadi total sekitar 1000 dosis vaksin," kata Kapten Eldhira kepada Surabaya Pagi, Minggu (18/07/2021).

Lantamal V sendiri mengerahkan kurang lebih 40 personel yang terdiri dari tenaga kesehatan, Bintara Potensi Maritim, serta Prajurit Marinir dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) V. 

Baca Juga: Ratusan Anggota DPC PERADI Sidoarjo Antusias Ikuti Gelar Bakti Kesehatan Vaksinasi Covid-19

"Para prajurit yang ditugaskan langsung beraksi untuk membantu masyarakat yang datang, khususnya para warga Lanjut Usia (Lansia) guna mendapatkan Vaksinasi Covid-19," katanya.

Terkait vaksinasi bagi lansia, sebelumnya di bulan Februari 2021 lalu, Lantamal V juga telah melaksanakan vaksinasi bagi 204 lansia. Pelaksanaan tersebut merupakan kerjasama antara Rumkital dr. Oepomo dan Dinas Kesehatan Lantamal V.

Data yang dikumpulkan Surabaya Pagi, masyarakat yang datang selain dari warga sekitar pelabuhan, ada pula beberapa pekerja pelabuhan serta para purnawirawan TNI dan Warakawuri yang tinggal di sekitar Markas Komando Lantamal V Surabaya. 

Baca Juga: Vaksin Booster Covid-19 Kedua Harus Bayar Rp100 Ribu

Selain di Surabaya, Lantamal V yang berada di bawah Koarmada II, melalui Pangkalan TNI AL yang ada di wilayah kerjanya mulai dari Tegal hingga Denpasar, melaksanakan aksi serupa, guna menekan penyebaran Pandemi Covid-19.

"Karena memang ini merupakan bentuk kepedulian kami dalam melaksanakan serbuan yang merupakan bagian dari program pemerintah untuk memberikan 2 Juta vaksinasi per hari bagi masyarakat," pungkasnya.sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU