Lantamal V Sediakan Mobil PCR untuk Diagnosis Covid-19

Mobil PCR Lantamal V. foto: Sem

SURABAYAPAGI, Surabaya- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V menyediakan satu unit mobil dengan fasilitas Polymerase Chain Reaction (PCR).

 Kendaraan yang disebut sebagai Fast Laboratorium dan PCR Mobile ini dianggap dapat mempercepat tracing virus Covid-19. Sekaligus menjadi upaya jemput bola dari Lantamal V, tanpa menunggu masyarakat mengunjungi rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan Covid-19.
 
Adanya mobil PCR ini, sejalan dengan keputusan Menteri Kesehatan Nomor 413/2020 tentang Pencegahan COVID-19, yaitu agar seluruh pasien yang kemungkinan tertular bisa menjangkau pemeriksaan real time PCR.
 
"Ini sangat bagus untuk mendukung program 3T khususnya program untuk tracing dan testing," kata Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, SE., MM., M.Soc., Sc, Jumat (26/02/2021).
 
Kendaraan ini lanjutnya, sangat dibutuhkan untuk menggencarkan screening dengan cepat dan efektif sehingga dapat terus menekan munculnya kasus-kasus baru. 
 
Selain itu pula, mobil PCR Lantamal V ini diklaim mampu memeriksa 30 tes spesimen setiap harinya.
 
"Kenderaan ini dan fasilitasnya sangat bermanfaat bagi penanganan covid-19. Karena bisa digerakan kemana saja, bagi masyarakat yang membutuhkan layanan PCR," ucapnya
 
Selain layanan mobil PCR, Lantamal V juga menempatkan 300 personil TNI AL yang disebar ke 15 titik di setiap wilayah Surabaya. Hal ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam menerapkan PPKM berskala mikro.
 
"Lantamal V juga mendeploy personil di wilayah Surabaya dan wilayah kerja lantamal V," pungkasnya.sem