Lapas Kelas II Blitar Diteror Lemparan Botol Diduga Berisi Narkoba

Serbuk hitam pembungkus klip putih berisi serbùk kristal dan diperlihatkan pada wartawan. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Lapas Kelas II B Blitar Senen (25/10) pagi sekitar pukul 05.00 dikejutkan temuan sebuah botol kecil yang dililit dengan  isolasi hitam di pelataran Sèl Blok C- 2. Hal tersebut disampaikan Bambang Setyawan selaku Kepala Keamanan Lapas Blitar pada wartawan. 

Awal temuan botol tersebut di pelataran sèl Blok C-2 ketika petugas melakukan pengecèkan (kontrol) di seluruh sèl sekitar pukul 05.00, saat di halaman sèl Blok C-2 yang dihuni oleh para tahanan bersifat umum dan narkoba, petugas melihat adanya botol yang mencurigakan. Botol seperti bekas botol lèm itu diisolasi hitam, langsung diambil diserahkan kepada dirinya.

"Ketika petugas jaga malam melakukan patroli rutin di setiap blok, sekitar pukul 05.00 kurang, menemukan bungkusan botol kecil yang diisolasi hitam tepatnya di pelataran Blok C-2 yang berpenghuni sekitar dua ratusan WBP yang terdiri dari tahanan umum dan tahanan khusus narkoba, selanjutnya kita melapor ke Polres Blitar Kota," terang Bambang Setyawan pada wartawan Senin (25/10)  pukul 08.30.

Dengan penemuan benda yang diduga berisi serbuk sabu sabu itu seluruh penghuni Blok.C-2 dikumpulkan untuk diperiksa oleh petugas, termasuk hunian dalam kamar, guna mencari keberadaan botol misterius itu. Masih menurut Bambang Setyawan, dimungkinkan botol tersebut dilempar dari luar tembok lapas yang terletak di sisi selatan yang berjarak dengan jalan raya Merdeka sekitar 2 meteran (pusat perbelanjaan).

"Ini masih kita lakukan pengecekan bersama Unit Narkoba Polres Blitar Kota, karena bisa di mungkinkan botol itu dilempar dari luar tembok lapas," tambah Bambang.

 

Setelah petugas dari Unit Reskoba Polres Blitar Kota yang dipimpin Kanit Idik Satreskoba Polres Blitar Kota Aipda Supriyanto tiba di Lapas Klas IIB Blitar, botol yang berisolasi plastik hitam itu dibuka, setelah dikeluarkan isinya ternyata berisi serbuk hitam (seperti serbuk arang) tanpa pengaman dan di dalam serbuk hitam itu ada sebuah kantong klip plastik putih yang berisi serbuk putih berbentuk krìstal kecil kecil, karena belum jelas itu narkoba jenis sabu atau tidak masih akan dilakukan pengecèkan di laboratorium, sehingga jelas kristal putih itu jenis apa.

"Jadi dugaan kita, serbuk hitam itu untuk mengamankan klip plastik yang berisi serbuk kristal putih, kita belum bisa memastikan apakah kristal putih ini bubuk jenis narkoba atau tidak, untuk itu kita lakukan pengecèkan di Laborat untuk menentukan apa sabu atau bukan, kalau toh nanti positif jenis sabu kita segera melakukan pengembangan," terang Kasat Narkoba AKP Sujarwo SH  melalui Kanit Idik Aipda Supriyanto.

Selanjutnya setelah dibuka botol itu dan ditampung di atas kertas Folio, isi botol di temukan serbuk putih dalam Klip kecil kantong plastik putih yang bercampur dengan bubuk hitam itu langsung diserahkan oleh Bambang Setyawan kepada Aipda Supriyanto untuķ pemeriksaan lebih lanjut.

Setelah temuan itu seluruh petugas keamanan Lapas Blitar melakukan penggeledahan dan pemeriksaan seluruh penghuni Blok C-2 yang memakan waktu hampir dua jam, hasilnya tidak ditemukan barang barang yang mencurigakan termasuk Ponsel.

"Situasi setelah kita lakukan pemeriksaan dan penggeledahan di Blok C-2 situasi kembali normal dan kondusif," kata Bambang Setyawan. Les