Larangan Mudik Usai, 31 Kereta Api Jarak Jauh Kembali Beroperasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 19 Mei 2021 16:33 WIB

Larangan Mudik Usai, 31 Kereta Api Jarak Jauh Kembali Beroperasi

i

Puluhan calon penumpang kereta api memadati stasiun kereta api Gubeng, Surabaya, Rabu (19/5/2021). Sp/Arlana

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - PT KAI Daop 8 Surabaya kembali mengoperasikan 31 kereta api jarak jauh untuk melayani penumpang Pasca lebaran. Sebelumnya, puluhan kereta berbagai tujuan terpaksa diberhentikan menyusul adanya larangan mudik dari pemerintah. 

Ke-13 kereta api tersebut masing-masing 15 kereta dari Stasiun Gubeng Surabaya, 8 kereta dari Stasiun Pasar Turi dan 8 kereta dari Stasiun Malang.

Baca Juga: DJP Jatim 2 Gandeng Media untuk Tingkatkan Pencapaian Target Pajak

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif menyatakan, pengoperasian 31 kereta api jarak jauh ini dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Untuk calon penumpang misalnya, wajib melakukan tes Covid-19 sebelum berangkat. 

Mereka bisa menggunakan Genose C19 maupun rapid test antigen. Hal ini sebagaimana diatur dalam addendum Surat Edaran Nomor 13 tahun 2021 yang dikeluarkan Satgas Penanganan Covid-19 pusat.

"Pelanggan KA jarak jauh harus melampirkan surat keterangan bebas Covid-19, berupa surat keterangan negatif RT-PCR atau rapid test antigen atau GeNose C19 yang diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam," katanya, Rabu (19/5/2021). 

Pihaknya juga mengimbau masyarakat pengguna kereta api agar tiba lebih awal di stasiun, mengingat masih harus melakukan tes Covid-19 di stasiun setempat. 

Baca Juga: Kolaborasi dengan BNN, Petugas KAI Daop 8 Surabaya Jalani Tes Narkoba

"Kami imbau kepada pelanggan yang akan menggunakan layanan rapid test antigen dan Genose C19 agar melakukan pemeriksaan tidak mepet dengan jadwal keberangkatan kereta untuk menghindari keterlambatan," ujarnya.

Adapun untuk harga tes Covid-19 yang disiapkan PT KAI pun tak mengalami perubahan selama masa pengetatan mudik kembali. 

"Untuk membantu melengkapi syarat surat bebas Covid-19 tersebut, KAI menyediakan layanan rapid test antigen seharga Rp85.000 di lima stasiun dan pemeriksaan GeNose C19 seharga Rp30.000 di tujuh stasiun," katanya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Rencana Tambah 2 Rumah Anak Prestasi

Dia menjelaskan ada sejumlah stasiun di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya yang melayani tes Genose C19, yakni Stasiun Bojonegoro, Lamongan, Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, Mojokerto, Sidoarjo dan Stasiun Malang. Sedangkan untuk pemeriksaan rapid test antigen ada lima lokasi, yakni Stasiun Pasar Turi, Surabaya Gubeng, Sidoarjo, Mojokerto dan Stasiun Malang.

"Kami juga tidak akan mengizinkan keberangkatan jika ada penumpang yang hasil tes rapidnya menunjukan hasil postif dan akan mengarahkan penumpang tersebut ke loket untuk membatalkan keberangkatan," tandasnya. By

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU