Launching Desa Berdaya, Bupati Mojokerto Targetkan 2023 Seluruh Desa di Trawas Mandiri

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 01 Des 2022 16:17 WIB

Launching Desa Berdaya, Bupati Mojokerto Targetkan 2023 Seluruh Desa di Trawas Mandiri

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati melaunching Desa Berdaya di Desa Kesiman, Kecamatan Trawas, Rabu (30/11). Dengan menyusulnya Desa Kesiman menjadi Desa Berdaya ini, Ikfina berharap di 2023 nanti seluruh desa di Kecamatan Trawas menjadi Desa Mandiri. 

"Tentunya kita bersyukur di Kecamatan Trawas ini ada sembilan desa yang sudah mandiri. Menyisakan empat desa yang belum mandiri. Saya minta tolong agar yang belum ini diselesaikan di 2023 agar semua desa di Trawas ini mandiri," ungkapnya. 

Baca Juga: Pemkab Mojokerto Gelontorkan Bantuan Cadangan Pangan Untuk 6 Desa Terdampak Banjir

Bupati Ikfina meminta, agar dinas terkait, dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mojokerto, untuk mendorong pengajuan Desa Berdaya Kabupaten Mojokerto di Pemerintahan Provinsi Jawa Timur. 

"Mudah-mudahan tahun depan ini nanti bisa didorong pengajuannya di Provinsi Jawa Timur oleh DPMD, agar bisa disupport desa mandiri ini. Saya minta tolong agar diutamakan desa yang di sekitar lokasi," tuturnya. 

Dalam proses mendorong desa-desa di Kabupaten Mojokerto ini menuju desa mandiri, Bupati Ikfina meminta agar seluruh desa saling mendukung satu sama lain. "Alhamdulillah kita semua bergerak agar desa-desa di Kabupaten Mojokerto ini bisa jadi desa mandiri. Desa-desa harus saling mendukung," ujarnya.

Bupati Ikfina juga menyampaikan, Kecamatan Trawas memiliki potensi yang luar biasa. Terutama terkait suasana dan view yang sangat menjual. Dengan kondisi yang sangat mendukung ini, Bulati Ikfina mengajak seluruh desa di Kecamatan Trawas untuk bersama-sama membuat para wisatawan betah di Trawas. 

Baca Juga: Bupati Mojokerto Kembali Launching 'Wulandari' di Pasar Kedungmaling

"Di Trawas ini paling variatif, jadi bagaimana kita nanti bikin wisatawan berlama-lama di sini. Kita buat wisata yang memang bervariasi. Sehingga bisa menjadi pusat pertumbuhan  ekonomi di Kecamatan Trawas," imbuhnya. 

Bupati Ikfina pun selanjutnya memotong untaian bunga melati sebagai tanda bahwa pengembangan wisata Lore Omah yang dikelola BUMDes Kesiman resmi dibuka untuk umum. Adapun wisata pengembangannya dijuluki Mini Pantai. 

Di Mini Pantai ini, wisatawan khususnya anak-anak bisa bermain air sambil bermain pasir pantai layaknya di pesisir pantai. Namun didukung dengan keindahan pesona alam dan pemandangan Gunung Penanggungan dan Welirang. 

Baca Juga: Hadiri Raker PKK, Bupati Ikfina Jelaskan Soal Mandatory Spending

Untuk diketahui, berwisata di Wisata Lore Omah wisatawan akan disuguhkan suasana nongkrong di gubug bambu yang berada di pinggir area persawahan warga Desa Kesiman. Lore Omah juga terdapat satu cafe yang juga menyuguhkan hidangan modern serta khas pedesaan yang harganya juga tak bikin kantong jebol. 

Akses menunu lokasi yang sangat bisa dijangkau dengan berbagai macam kendaraan baik kendaraan roda dua maupun roda empat serta parkir yang luas juga mendukung para wisatawan saat berkunjung di Wisata Lore Omah. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU