Launching e BPHTB, Bupati Jombang Terima Bantuan CSR Bank Jatim

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 09 Sep 2020 17:59 WIB

Launching e BPHTB, Bupati Jombang Terima Bantuan CSR Bank Jatim

i

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab saat menerima bantuan Mobil CSR Bank Jatim di Pendopo Kabupaten Jombang. (SP/Hms)

 

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Kini masyarakat Jombang selaku wajib pajak, pembayaran PBB P2 (Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan) dapat dilayani melalui mobil dengan aplikasi online. 

Baca Juga: Kinerja Perbankan Pulih, OJK Akhiri Kebijakan Restrukturisasi Kredit

Pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) melalui mobil sudah dianggap sah dan akan menerima bukti pembayaran yang bisa dipertanggungjawabkan. 

Mobil yang dimaksud, yakni merupakan mobil CSR dari Bank Jatim yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Jombang. Bantuan mobil CSR.tersebut, guna. meningkatkan penerimaan pajak daerah dan pendapatan asli daerah dari sektor pajak.

Penyerahan bantuan dilakukan pada agenda Launching Program CSR dan Launching e BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan), di Pendopo Kabupaten Jombang pada Rabu, (9/9/2020). 

Selain menerima bantuan satu unit mobil CSR dari Bank Jatim, Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab juga menerima uang pecahan Rp 75 ribu dari Bank Indonesia. Pecahan uang 75 Ribu jumlahnya sangat terbatas. 

Sehingga tidak akan menjadi alat untuk transaksi jual beli, akan tetapi akan dijadikan sebagai souvenir pribadi. Bupati Jombang juga menyaksikan langsung proses pelayanan pembayaran pajak secara simbolis.

Baca Juga: Bank Jatim Dukung Pembangunan Mushola di Probolinggo

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab menuturkan, pelayanan pembayaran melalui mobil keliling ini dinilai cukup efektif dan membantu wajib pajak yang membayar PBB. Selain dekat, warga langsung mendapat tanda bukti bayar yang sah sebagai tanda pembayaran PBB.

"Dengan adanya upaya peningkatan pemungutan PBB P2 (Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan) dengan mobil keliling CSR Bank Jatim ini, diharapkan lebih meningkatnya pelayanan PBB-P2. Mempercepat penyetoran pembayaran yang langsung bisa masuk ke kas daerah secara real time," tuturnya. 

Bupati menjelaskan, pelayanan kepada wajib pajak, khususnya masyarakat yang akan melakukan perubahan dan/atau pembetulan SPPT PBB P2, dapat mengurangi masalah sosial yang berpotensi timbul, karena adanya data SPPT PBB-P2 yang tidak sesuai. 

"Layanan pembayaran lewat mobil keliling ini diharapkan dapat berjalan secara optimal guna meningkatkan penerimaan pajak daerah. Terima kasih atas bantuan mobil CSR Bank Jatim, semoga mobil ini bermanfaat bagi peningkatan pelayanan di Kabupaten Jombang," tukasnya. 

Baca Juga: Bank Jatim Boyong 8 Penghargaan Sekaligus dari Infobank

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi  Jatim, Imam Subarkah mengungkapkan, dengan adanya  CSR mobil dari Bank Jatim, Bappeda Kabupaten Jombang berharap dapat melakukan terobosan dengan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) dan pajak daerah lainnya melalui online. 

"Jadi bisa dilakukan melalui pembayaran online mobil pajak keliling. Layanan dilakukan secara bergilir, dari satu desa ke desa yang lainnya," pungkasnya. 

Hadir dan menyaksikan penyerahan CSR yakni para  asisten, kepala inspektorat, kepala Bappeda, kepala Bappeda, Camat se-Kabupaten Jombang, Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Jatim, Imam Subarkah, Direktur TI dan Operasi Bank Jatim, Tonny Prasetya, Pimpinan Corporate Secretary Bank Jatim Pusat, Glemboh Priambodo dan Pimpinan Bank Jatim Cabang Jombang, Mukti Nur Rahman. suf

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU