Layanan Drive Thru DISPERPUSIP Jatim

Kondisi DISPERPUSIP Jatim saat uji coba pembukaan perpustakaan daerah

SURABAYAPAGICOM, Surabaya - DISPERPUSIP yang dikenal oleh orang-orang sebagai Perpustakaan Daerah ini sedang melakukan uji coba pembukaan perpustakaan. Namun, yang biasanya dibuka hingga pukul 3 sore, kini pukul 12 siang sudah tutup.

Adanya uji coba ini, pihak perpustakaan mengaku mengurangi populasi mereka yang ingin membaca di perpustakaan.

"Kalau sebelum pandemi sih biasanya 200-an orang biasanya membaca disini," ucap Ibu Lilis, pustakawan di DISPERPUS Jatim ini.

"Tapi sekarang sudah dibatasi jadi 50 orang saja perharinya," lanjutnya.

Perpustakaan yang letaknya di Jl. Menur Pumpungan ini, mengaku meningkatkan pelayanannya dikarenakan pandemi melanda. Salah satunya yaitu dengan cara drive thru. Hal tersebut mempermudah pengunjung dikarenakan mereka tidak perlu mencari buku yang akan dipinjam dan mengembalikan buku dengan mudah melalui web opac.

Tidak hanya itu, mereka juga menyediakan aplikasi ebook bagi para masyarakat yang malas untuk datang ke perpustakaan. Aplikasi tersebut bernama djatim yang bisa di download di playstore ataupun windows.

"Saya dipermudah sih disini, karena ya saya tidak perlu ke dalam untuk mencari buku yang saya ingin baca karena adanya web opac ini," tutur salah satu pengunjung bernama Rini. aks