Ledakan Petasan di Malang, 2 kg Bahan Baku Petasan Diamankan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 12 Mar 2023 21:07 WIB

Ledakan Petasan di Malang, 2 kg Bahan Baku Petasan Diamankan

SURABAYAPAGI.COM, Malang - Belum segenap sebulan kejadian ledakan akibat petasan di Blitar, peristiwa ledakan akibat petasan kembali terjadi. Kali ini terjadi di Malang tepatnya di Dusun Pulosari, Desa Sukosari, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, Sabtu (12/3/2023) malam.

Dalam peristiwa tersebut satu orang dilaporkan meninggal dunia. Hal tersebut dipastikan Kapolsek Kesembon AKP Guguk Windu Hadi. "Benar, satu orang meninggal," kata Windu.

Baca Juga: Perbaikan Jalan Gondanglegi-Balekambang Telan Anggaran Rp 600 M

Windu mengatakan korban tewas bernama Ahmad Hasan Rifai (20). Sedangkan untuk korban luka adalah Sarifuddin (11) dan Rizki Abdulah (14). Hasan masih menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Madinah, sementara Rizki sudah boleh pulang.

Selain mengakibatkan korban jiwa, peristiwa ledakan juga merusak setidaknya 3 rumah.

Sementara itu, Tim Gegana Polda Jatim turun tangan untuk mendalami penyebab pasti ledakan serbuk petasan yang terjadj di RT 7 RW 11 Dusun Pulosari, Desa Sukosari, Kecamatan Kasembon, Sabtu (11/3/2023) kemarin. Nampak ada sekitar 5 personel datang ke lokasi pada Minggu (12/3/2023). Mereka menyisir sekitar rumah yang hancur akibat ledakan.

Agar berjalan lancar sejak kemarin pihaknya sudah melakukan sterilisasi lokasi sehingga warga tidak mendekat.

"Sterilisasi lokasi perlu dilakukan agar olah TKP berjalan lancar," bebernya.

Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin mengatakan korban tewas diketahui sering membuat petasan untuk digunakan saat menjelang hari raya. Hal tersebut berdasarkan pemeriksaan saksi-saksi.

Baca Juga: Kebutuhan Guru di Kota Malang Sangat Tinggi

Meski demikian polisi masih mendalami sudah berapa kali korban membuat petasan. Hal ini masih didalami lebih lanjut. "Terkait berapa kali membuat petasan masih kita dalami lagi lebih jauh," tandas Oskar.

Dugaan tersebut diperkuat dengan hasil Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang dilakukan Gegana Polda Jatim bersama Polres Batu. Dimana, di kediaman korban meninggal ditemukan 4 kantong bubuk yang diduga merupakan bahan baku mercon.

"Kami menemukan empat kantong bubuk yang diduga bahan baku petasan atau mercon. Kalau total empat kantong itu beratnya sekitar 2 Kg. Untuk jenisnya diduga low Explotion (berdaya ledak rendah)," kata Oskar.

Selain 4 kantong bubuk, petugas juga mengamankan sejumlah BB lain, mulai dari Mercon, Kembang Api hingga catatan berisi cara pembuatan mercon.

Baca Juga: Motif Ekonomi, 2 Pemuda di Malang Bobol 3 Sekolah

"Barang bukti itu kita amankan dan akan diuji untuk mengetahui penyebab dan pemicu ledakan sebenarnya. Sehingga secara teknis tidak bisa dipastikan karena masih perlu pemeriksaan lebih dalam di titik ledakan itu," tandasnya.

Terpisah, keluarga Hasan (korban meninggal dunia) menuturkan bahwa korban sehari-hari kerja serabutan.

"Kerja sehari-hari ya serabutan, kadang di sawah kadang apa gitu. Kalau buat petasan itu saya gak tau," kata Wiwik, keluarga Hasan, Minggu (12/3/2023). mal/ham/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU