Lembaga Amil Zakat di Gresik Bentuk 5 Posko Bantuan PPKM Darurat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 12 Jul 2021 16:05 WIB

Lembaga Amil Zakat di Gresik Bentuk 5 Posko Bantuan PPKM Darurat

i

Bupati Gus Yani saat mengumpulkan pengurus lembaga amil zakat di Rumah Durung, Senin (12/7). SP

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang biasa disapa Gus Yani mengumpulkan para pengurus lembaga amil zakat yang dikomandani oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Gresik. Diantara yang hadir Lazismu, Lazisnu YDSF, Nurul Hayat, Yatim Mandiri, dan ACT. 

Menurut Gus Yani Bupati, pihaknya mengumpulkan para lembaga amil zakat di masa PPKM darurat ini untuk menyamakan persepsi tentang bantuan kepada masyarakat. Setelah menunjuk Zainal Abidin sebagai ketua, Bupati Gus Yani mengkoordinasikan seluruh lembaga amil zakat dan sadaqah se-Kabupaten Gresik dalam 5 posko. 

Baca Juga: Pemkab Gresik Mulai Salurkan Bansos di 18 Kecamatan

Posko tersebut masing-masing yaitu Posko I di Kantor Kecamatan Kebomas meliputi Kecamatan Kebomas, Gresik dan Manyar.

Posko II di Kantor Kecamatan Kedamean meliputi Kecamatan Kedamean, Menganti, Driyorejo dan Wringinanom.

Posko III di kantor Kecamatan Cerme meliputi Kecamatan Cerme, Duduk Sampeyan, Balongpanggang dan Benjeng. 

Posko IV di kantor Kecamatan Sidayu meliputi Kecamatan Sidayu, Bungah, Ujungpangkah, Dukun dan Panceng.

Posko V di Pulau Bawean meliputi Kecamatan Sangkapura dan Tambak.

“Masing-masing posko akan memberikan segala bantuan yang diperlukan untuk masyarakat terdampak serta warga yang isolasi mandiri yang berada di wilayahnya. Mereka akan dilengkapi dengan berbagai kebutuhan misalnya ambulance, bantuan sembako dan vitamin serta beberapa obat-obatan yang diperlukan. Mari Kita bagi tugas," ajak Gus Yani saat memimpin rapat didampingi KH Abdul Munif, ketua Baznas Gresik, bertempat di Rumah Durung Kompleks Kantor Bupati Gresik, Senin (12/7). 

Baca Juga: Berkah Ramadhan, 1000 Anak Yatim dan Disabilitas Lamongan Terima Santunan

Disampaikan Gus Yani, saat ini masyarakat Gresik butuh bantuan dan uluran tangan, terutama masyarakat yang terdampak serta masyarakat yang tengah melakukan isolasi mandiri. Dia mengajak seluruh lembaga amil zakat (LAZ) yang ada di Gresik untuk saling mendukung.

“Semua bantuan yang ada dari para LAZ ini bisa dijadikan sebagai gerakan semacam ‘orkestra’ yang intinya tidak bergerak sendiri-sendiri. Para LAZ ini masuk pada posko nantinya akan kita buat call centre di masing-masing posko,” tandas Gus Bupati.

Zainal Abidin dari Baznas Gresik yang sekaligus ditunjuk sebagai ketua dan koordinator kegiatan ini mulai menginventarisir semua bantuan.

Bantuan sementara dari Baznas Gresik yaitu berupa 1000 paket sembako untuk masyarakat terdampak, 1000 paket imun untuk warga isoman, dan insentif untuk 150 modin dan petugas pemulasaran jenazah.

Baca Juga: Gresik Raih Tiga Penghargaan Dalam Top BUMD Awards 2024

Beberapa LAZ juga mengikuti Langkah yang diambil Baznas Gresik dengan memberikan bantuan sembako dan vitamin. Bahkan beberapa LAZ lain juga memberikan bantuan ambulance untuk bisa standby di masing-masing posko.

 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU