Lempar Botol ke Pemain Myanmar, Ketua Umum PSSI Sayangkan Tindakan Tak Terpuji Oknum Suporter Indonesia

Ketua Umum PSSI Mochamad Irawan

SURABAYAPAGI.COM, Sleman - Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan sangat menyayangkan perbuatan tidak terpuji salah satu oknum suporter Timnas Indonesia U-16 yang kedapatan melempar botol ke pemain Timnas Myanmar U-16 di tengah pertandingan, tepatnya pada babak kedua.

 Timnas Indonesia sebelumnya telah berhasil memastikan tiket ke final usai menyingkirkan Myanmar di semifinal lewat adu penalti 5-4 setelah bermain sama kuat 1-1 di waktu normal, Rabu (10/8/2022) di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

 "Sangat disayangkan, harusnya para suporter tidak sepatutnya melemparkan botol air ke tempat pertandingan, karena kita harus juga melakukan yang sama dengan di luar negeri," kata Iriawan usai pertandingan.

 Iriawan meminta maaf atas insiden tersebut dan berharap hal buruk itu agar tidak terulang pada saat Timnas Indonesia U-16 bertemu Timnas Vietnam U-16 di final Piala AFF U-16 2022, Jumat (12/08/2022) malam besok.

 "Kami mohon maaf ada suporter yang tidak terpuji ini tidak boleh terjadi lagi [lawan Vietnam]," tuturnya.

 

Sementara itu, peristiwa serupa juga sebelumnya pernah terjadi ketika Timnas Indonesia U-16 menghadapi Vietnam di laga pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022, Sabtu (6/08/2022) lalu.

 Mochamad Irawan menuturkan seharusnya para pendukung Indonesia menunjukkan rasa hormat di mana pun mereka berada, baik di dalam maupun luar negeri. Iriawan mencontohkan sikap para pemain timnas U-16 yang mengapresiasi lawan meski pertandingan berlangsung sengit di lapangan.

 “Kita melihat anak-anak timnas memberikan hormat kepada Myanmar setelah selesai pertandingan. Itu yang kami inginkan,” pria yang biasa disapa Iwan Bule ini. slm