Lestarikan Budaya Banyuwangi, Puluhan Remaja Belajar Sinden Using

Puluhan remaja belajar sinden using. SP/ Disbudpar Banyuwangi

SURABAYAPAGI.com, Banyuwangi - Sebanyak puluhan remaja putri di Kabupaten Banyuwangi sedang belajar cara bersinden Using, untuk melestarikan kesenian tradisional Banyuwangi. Kegiatan tersebut digelar di pelinggihan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi. Empat orang maestro gandrung Siti Astutik, Gandrung Temuk, Gandrung Sunasih dan Gandrung Holipah turun gunung menggelar pelatihan Sinden Using.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi harapkan ke depan sinden bisa menjadi sebuah budaya populer yang digemari para generasi muda. Jadi tak hanya berhenti di panggung-panggung kesenian saja. Nyanyian dari para sinden jika bisa, juga harus terkenal di platform media sosial populer seperti YouTube, Instagram atau Tik Tok yang kini menjadi kiblat popularitas generasi muda.

Sementara Kepala Disbudpar Banyuwangi, M Yanuar Bramuda mengatakan, para pelajar yang ikut merupakan hasil seleksi dari seluruh sanggar dan sekolah mulai dari Kalibaru sampai Wongsorejo.

"Akhirnya muncul 40 pesinden muda dengan suara terbaik yang akan kita beri materi selama dua hari,"kata, Rabu (31/3/2021).

Bramuda mengatakan jika para remaja yang mengikuti pelatihan Sinden Using itu diproyeksikan untuk menjadi penerus dari para maestro gandrung. Dengan kemampuan yang mereka miliki, Bram optimis akan ada regenerasi sinden yang berkualitas. Tak hanya memiliki suara yang khas layaknya sinden, tapi juga mampu membuat mereka yang mendengarkan suaranya ikut ke dalam alunan lagu.

Disbudpar berencana menggelar acara khusus untuk menampilkan para sinden tanggal 5 April mendatang. Sehingga semua mata bisa melihat, bagaimana sinden itu keren dan layak menjadi budaya populer untuk diikuti.

"Nanti ibarat orang sekolah, saat ini mereka sedang diklat dan tanggal 5 nanti mereka diwisuda. Kita akan sediakan panggung besar untuk para sinden muda ini," tegasnya.

Selain itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengatakan, para sinden muda ini diharapkan berkontribusi melestarikan budaya dan seni. Pemkab Banyuwangi selalu berkomitmen dalam memberikan perhatian khusus kepada seni dan budaya Banyuwangi.

"Tentu mereka generasi muda Banyuwangi yang akan meneruskan seni dan budaya Banyuwangi. Kami ingin memfasilitasi nya," ujarnya. Dsy8