Lestarikan Musik Tradisional, Siswa SMP YPPI 1 Surabaya Pentaskan Musik Karawitan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 12 Apr 2022 14:44 WIB

Lestarikan Musik Tradisional, Siswa SMP YPPI 1 Surabaya Pentaskan Musik Karawitan

i

Siswa SMP YPPI 1 Surabaya saat pentas musik karawitan/ foto: Sem

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - "E'a, e'o, e'a, e'o," begitu teriakan siswa-siswi yang terdengar dari lantai dua ruangan kesenian SMP Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Indonesia (YPPI) 1 Surabaya. 

Bukan tanpa nada, teriakan ini adalah kata pembuka untuk lagu khas Jawa Tengah Cublak-cublak Suweng. Dengan tabuhan alat musik kulintang, gamelan dan ayunan angklung, menambah harmoni nada karawitan dalam lantunan itu.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Rencana Tambah 2 Rumah Anak Prestasi

Menariknya, alat-alat musik tradisional itu dimainkan oleh siswa-siswi SMP kelas 7 dan 8. Kurang lebih 17 anak yang memainkan alat musik karawitan tersebut.

"Ini pertama kali saya main alat musik tradisional. Senang sekali, alat musiknya juga enak dan gak begitu susah dimainkan," kata William salah satu siswa usai memainkan musik karawitan, Selasa (12/04/2022).

Dalam formasi musik karawitan, William memainkan alat musik gamelan. Menurutnya, kesulitan terbesar memainkan gamelan terletak pada ketukan dan nada.

"Yang penting hafal not-nya sama ketukannya, pasti bisa," aku William.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

Pelajaran alat musik tradisional sendiri, masuk dalam kurikulum pembelajaran di SMP YPPI 1 Surabaya, dengan mata pelajaran seni musik. 

Guru mata pelajaran seni musik Anik Prabowo menjelaskan, pengenalan musik tradisional kepada siswa SMP merupakan salah satu upaya dari sekolah melestarikan alat musik tradisional sejak dini.

Lebih lanjut ia jelaskan, pentas musik karawitan kali ini merupakan langkah awal atau uji coba sekolah untuk mengadakan pembelajaran khusus untuk musik tradisional.

Baca Juga: Mengatasnamakan Media Nasional, Warga Lamongan Diperas Wartawan Gadungan

"Ya ini bagian dari melestarikan alat musik tradisional. Anak-anak kita latih dan ternyata mereka senang dengan alat musik ini," kata Anik.

Senada dengan itu, Kepala Sekolah SMP YPPI 1 Surabaya Titris Hariyanti Utami menjelaskan, pihaknya akan memasukan pembelajaran khusus musik tradisional pada semester depan. Tujuannya adalah agar anak dapat mendalami lebih lanjut tentang musik tradisional.

"Kita juga akan adakan ekskul namanya harmoni nada, di dalamnya ada musik tradisional. Jadi setelah mendapatkan materi di kelas, praktek lebih lanjutnya bisa diekskul," katanya. (Sem).

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU