Lewat Hipmi Circle, Pelaku UMKM Jember Bisa Perluas Pasar Produk

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 20 Feb 2023 12:24 WIB

Lewat Hipmi Circle, Pelaku UMKM Jember Bisa Perluas Pasar Produk

i

Pelantikan BPC HIPMI Jember periode 2022-2025 di Pelita Hati International School, City Forest, Kaliurang, Jember, Sabtu (18/2/2023).

SURABAYAPAGI.COM, Jember - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Timur (Jatim) berkomitmen membantu pemasaran produk para anggotanya. Salah satu bentuk upaya yang telah dilakukan yakni pembuatan platform pemasaran yang disebut Hipmi Circle.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Badan Pengurus Daerah Hipmi Jatim Edra Bramantya usai acara pelantikan Badan Pengurus Cabang (BPC) Hipmi Jember periode 2022-2025 di Pelita Hati International School, City Forest, Kaliurang, Jember, Sabtu (18/2/2023) malam.

Baca Juga: Puluhan Warga di Jember Diduga Keracunan Takjil Massal yang Dibagi-bagikan di Jalan

“Harapannya Hipmi Circle bisa diakses teman-teman anggota Hipmi Jember. Kami dari Hipmi Jatim tiap bulan bersama Pemerintah Provinsi Jatim mengikuti agenda misi dagang ke seluruh Indonesia dan empat negara tahun ini,” kata Edra.

Edra mengharapkan, agenda misi dagang ini juga bisa dimanfaatkan anggota Hipmi Jember untuk memasarkan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Saya kira memang harus berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten. Intinya kami bermitra dengan pemerintah daerah setempat dengan harapan bisa meningkatkan jumlah pengusaha muda dan membantu mengatasi hambatan-hambatan. Syukur-syukur kita bisa menciptakan lapangan pekerjaan,” terangnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa Hipmi Jatim akan mendukung program-program yang dicanangkan Hipmi Jember. Menurutnya, selama program – program tersebut bisa dijalankan selama tiga tahun maka akan berdampak bagus sekali.

“Selama program itu bisa dilaksanakan dalam tiga tahun, saya kira akan memiliki dampak bagus. Apalagi tadi Ketua Umum Hipmi Jember (Restu Prayogi) akan berfokus dari daerah pinggiran dulu. Itu segmen masyarakat yang jarang tersentuh. Ketika Hipmi bisa hadir di situ tentunya akan memberikan dampak positif bagi kemakmuran atau peningkatan taraf ekonomi warga Jember,” jelasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Hipmi Jember Restu Prayogi mengungkapkan bahwa HIPMI Jember telah menyusun tiga program prioritas dalam kepengurusannya tiga tahun ke depan.

Baca Juga: Takut Tersaingi di Pilbup, Sejumlah Oknum Rusak Gambar Gus Fawait di Jember

Program yang pertama yaitu HIPMI Berdesa, Prayogi menyebut, pihaknya ke depan akan memerangi stunting dengan masuk ke desa-desa dengan emberikan pengetahuan terkait dengan gizi, pemeriksaan kesehatan, pengobatan gratis dan sebagainya.

“Kita juga ingin membantu mereka dalam hal ekonomi, yaitu dengan membuat semacam bazar UMKM dan membantu usaha atau potensi mereka masing-masing,” ujar Prayogi.

Menurut Prayogi, Hipmi mulai menyentuh desa lantaran sejumlah persoalan di Jember muncul karena adanya kesenjangan sosial ekonomi masyarakat kota dan desa.

“Kami berterima kasih kepada bupati yang sudah memperbaiki infrastruktur sampai ke desa-desa. Ini membantu proses pengembangan maupun pertumbuhan ekonomi masyarakat desa. Tapi itu belum cukup kalau kita tidak masuk ke sana dan mengembangkan (potensi) di sana,” tuturnya.

Baca Juga: Kreasi Unik Vanilla, Siswi SD Kaliasin 1 Sulap Daun Sirih Jadi Kue Kering Lebaran

“Banyak faktor yang akan dilakukan, bukan hanya kesehatan, tapi juga sosialisasi mulai ekonomi, pengetahuan, termasuk stunting dan lainnya,” imbuhnya.

Selanjutnya program kedua yakni pembentukan Research center. Hipmi Jember akan membentuk tim akademisi yang akan bertugas melakukan riset terkait UMKM atau wirausaha serta melakukan survey untuk mendeteksi dini inflasi daerah.

Terakhir program ketiga yakni pengembangan UMKM. Sebagaimana diketahui, UMKM berkaitan langsung dengan ekonomi kerakyatan.

“Kita yakin, dengan mengembangkan UMKM kita bisa membantu perekonomian di Jember,” tutupnya. jbr

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU