Kades Mulyodadi Slamet Priyanto

Libatkan Peran Masyarakat Dalam Membangun Desa

Kepala Desa Mulyodadi, Slamet Priyanto, SH.

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Kepala Desa Mulyodadi Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo memegang komitmen melibatkan peran serta masyarakat dalam membangun desa. Bahkan ia meyakini peran serta masyarakat sangat penting. Untuk itu perlu adanya sinergi bersama dalam upaya memajukan desanya. Bukan hanya sekedar ikut membangun desa saja, namun masyarakat juga diharapkan dapat menjaga setiap pembangunan yang ada di desanya.

“Sebagai Kades tidak mungkin saya bergerak sendiri. Untuk itu dalam melaksanakan kegiatan pembangunan di desa ini kami (Pemdes, red) melibatkan langsung peran serta masyarakat ,' ujar Kepala Desa Mulyodadi, Slamet Priyanto, saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (21/11/2023.

Kades Slamet Priyanto, juga menjelaskan bahwa pihaknya membuka keterlibatan masyarakat dalam setiap pelaksanaan program yang menggunakan anggaran desa. Baik program pembangunan infrastruktur, maupun pemberdayaan masyarakat. 

"Keterlibatan masyarakat kita berikan. Secara bersama-sama dengan gotong-royong membangun desa ini," jelasnya.

Bahkan menurutnya, pembangunan desa yang sedang digencarkan oleh pemerintah melalui kucuran bantuan Dana Desa (DD) dan Bantuan Keuangan (BK) dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Selain digunakan untuk program pembangunan infrastruktur, dana tersebut juga digunakan untuk membangun kesadaran masyarakat.

"Dan untuk mencapai target tersebut tidak mungkin hanya Kades dan perangkat desa yang bergerak, tapi keterlibatan seluruh masyarakat mutlak dibutuhkan,” terangnya.

Rencana pembangunan jangka panjang desa dan target yang telah dicanangkan oleh Kades Slamet Priyanto, mendapat dukungan luas dari berbagai komponen masyarakat setempat. Hal itu terbukti dari antusiasme masyarakat yang gemar mengikuti kegiatan gotong royong dalam membangun desa.

"Semua kegiatan yang kami laksanakan berdasarkan asas musyawarah bersama lembaga desa dan masyarakat ," pungkasnya. jum