Libur Hari Waisak, Pengunjung Wisata Banyuwangi Naik 40 Persen

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 06 Jun 2023 10:13 WIB

Libur Hari Waisak, Pengunjung Wisata Banyuwangi Naik 40 Persen

i

Pantai Boom Marina Banyuwangi. Foto: Pemkab Banyuwangi.

SURABAYAPAGI.COM, Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, Jawa Timur, mengungkapkan bahwa jumlah wisatawan selama libur panjang Hari Raya Waisak pada tanggal 1-4 Juni 2023 mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yakni mencapai sekitar 36 ribu orang.

"Jumlah ini meningkat 40 persen dibandingkan rata-rata kunjungan di hari biasa. Alhamdulillah hampir seluruh destinasi Banyuwangi selalu ramai. Banyak wisatawan luar kota berlibur kemari. Semoga ke depan terus tumbuh," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Banyuwangi, Senin (5/6/2023).

Baca Juga: Bupati Banyuwangi Sidak MPP Pasca Libur Lebaran

Berdasarkan data tiket masuk yang dihimpun Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat, sejak 1 hingga 4 Juni, Banyuwangi Park menjadi destinasi yang paling favorit dengan total pengunjung sebanyak 6.600 orang.

Kemudian, destinasi kedua yang paling banyak dikunjungi adalah Pantai Marina Boom dengan total pengunjung 5.998 orang. Diikuti Pantai Pulau Merah 4.253 orang, Pantai Grand New Watudodol (GWD) 2.945 orang, dan Desa Wisata Tamansari sebanyak 2.640 orang.

Bupati Ipuk berharap jumlah kunjungan wisatawan ke Banyuwangi semakin meningkat. Sebab menurutnya, sejumlah infrastruktur sudah semakin lengkap.

Baca Juga: 130.554 Orang Menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk

"Semoga kunjungan wisatawan ke Banyuwangi terus terkerek. Selain kami terus membenahi infrastruktur pariwisata, aksesibilitas ke Banyuwangi juga sudah semakin lengkap. Pilihan penerbangan Jakarta-Banyuwangi PP juga semakin banyak, ada 3 flight harian dengan tarif penerbangan yang variatif," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi M Yanuar Bramuda menuturkan bahwa tingkat hunian atau okupansi di sejumlah hotel juga mengalami peningkatan pada periode 1-3 Juni 2023.

Baca Juga: Basarnas-Pemkab Banyuwangi Kolaborasi Pantau Arus Balik

Sedangkan di sejumlah hotel bintang 4 ke atas, tingkat huniannya di atas 90 persen. Bramuda memberi contoh, seperti okupansi villa Solong mencapai 100 persen, hotel Dialog 98 persen, hotel Aston 96 persen, dan hotel Ilira 92 persen.

"Kalau rata-rata, okupansi 7 hotel berbintang selama liburan Hari Raya Waisak mencapai 94 persen," ungkap Bramuda. bny

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU