Libur Imlek, Bikin Senang Menparekraf

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 18 Jan 2023 20:28 WIB

Libur Imlek, Bikin Senang Menparekraf

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Beberapa lagi ada libur bersama Imlek, 22-23 Januari 2023. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengimbau masyarakat memanfaatkan libur Imlek untuk berwisata di Indonesia.

Libur Imlek tahun ini jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023. Dan pemerintah menetapkan hari Senin, 23 Januari 2023 sebagai cuti bersama sehingga masyarakat punya kesempatan untuk berlibur lebih lama.

Baca Juga: Dongkrak Event Olahraga Berkualitas, Menparekraf Bakal Contoh ‘Sport Tourism’ Ala Jepang

 

Tahun Baru China

Imlek adalah hari besar yang dirayakan oleh orang Tionghoa setiap tahunnya. Perayaan imlek juga sering disebut dengan Tahun Baru Cina. Imlek termasuk dalam hari libur nasional tahun 2023.

Dikutip dari SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023, Imlek 2023 jatuh pada 22 Januari 2023 (hari Minggu).

Kesepakatan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023 ini tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri--Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi-- Nomor 1066 Tahun 2022 Nomor 3 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023.

Baca Juga: Danamon Bersama Nasabah Korporasi, Rayakan Tahun Baru Imlek

"Cuti bersama tahun 2023, 23 Januari Hari Senin Tahun Baru Imlek 2574 Konngzili," demikian isi dari SKB tiga menteri tersebut.

 

Momen Liburan Imlek

Dengan adanya momen liburan Imlek ini, Sandiaga mengajak masyarakat untuk pergi ke destinasi-destinasi wisata dalam negeri. Berwisata di dalam negeri, artinya wisatawan turut mendukung program Kemenparekraf yakni Bangga Berwisata di Indonesia.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Konser Ed Sheeran Ditarget Mampu Dongkrak Ekonomi RI Rp 100 Miliar

"Berwisatalah di Indonesia saja dan konsumsilah produk ekraf kita, musik lokal kita, fashion kita, kuliner lokal kita," kata Sandiaga saat jumpa pers, Senin (16/1/2023).

Pada kesempatan itu, Sandiaga juga meminta para pelaku wisata untuk bersiap menyambut wisatawan di saat libur Imlek. Ia menekankan, keselamatan harus diutamakan mengingat saat ini sedang terjadi cuaca ekstrem di beberapa daerah.

"Kita masih dalam cuaca ekstrem berhati-hati, waspada, utamakan keamanan dan keselamatan. Kita pastikan keandalan dari transportasi maupun destinasi ini betul-betul diutamakan. Safety first," pungkas Sandiaga. n er/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU