Libur Lebaran, Alun Alun Bawah Tanah Surabaya Belum Bisa Dibuka

Alun Alun Bawah Tanah belum bisa dibuka karena demi keamanan dan kenyamanan bersama di saat pandemi. SP/PEMKOT SURABAYA

SURABAYAPAGI, Surabaya - Datangnya masa libur lebaran hampir membuat semua destinasi wisata, taman, dan fasilitas publik di Surabaya akan dibuka. Dengan syarat harus mengikuti assesment tim covid-19, prokes ketat, termasuk pembatasan pengunjung yang hanya 50 persen dari kapasitas. Namun berbeda dengan alun alun bawah tanah Surabaya.

Saat diinformasi, Kepala Disbudpar Antiek Sugiarti menyebutkan bahwa Alun Alun Bawah Tanah belum bisa dibuka. "Lebih karena demi keamanan dan kenyamanan bersama di saat pandemi. Meski Surabaya sudah orange, alun-alun Balai Pemuda masih tutup saat libur Lebaran nanti," kata Antiek. Senin (10/5/2021).

Saat ini memang pandemi di kota ini sudah landai. Antiek mengajak semua berjuang bersama-sama melenyapkan pandemi. Di areal tertutup alun alun bawah tanah cukup rentan. Belum lagi pengunjung akan sulit dikendalikan. 

Alun alun seluas sekitar 3.000 meter itu sangat dinantikan warga. Selain sebagai fasilitas publik dengan ornamen penuh cahaya itu, alun-alun bawah tanah itu juga untuk pentas seni dan budaya. Ada areal pertunjukan terbuka yang didesain khusus. 

Ada pula area pamer yang diperuntukkan untuk UMKM. Alun-alun bawah tanah itu berada persis di bawah Gedung Balai Pemuda yang saat ini berhias air mancur berkabut. 

Alun-alun kekinian ini tampak cantik dan mewah. Tidak saja ornamen dinding dan lantai yang berhias batu alam mengkilat, tapi juga bermandikan cahaya aneka lampu hias. Situasi ini menambah sensasi baru.

Akses menuju ruang luas bawah tanah itu bisa melalui pakir Basement Balai Pemuda. Bisa juga melalui Gedung Balai Budaya dengan eskalator. Ada juga lift khusus untuk disabilitas. 

Selain bisa sebagai tempat kumpul keluarga juga bisa untuk sarana kongkow. Disiapkan juga fasilifas free wifi. Bisa juga untuk area Coworking space. Juga ada areal skate Board.

Ruang bawah tanah yang penuh sensasi itu telah bikin penasaran warga Surabaya dan sekitarnya. Sudah banyak yang tak sabar ingin menikmati ruang luas bawah tanah itu. 

Tidak hanya Alun-Alun Bawah Tanah di bawah Komplek Balai Pemuda, Taman Air Mancur berkabut juga terdapat di areal Balai Pemuda. Berada di areal sisi barat Balai Pemuda. 

Saat dibuka kali pertama, taman penuh aneka bunga, tanaman, dan air mancur berkabut sejuk itu membeludak. Akhirnya ditutup hingga sekarang. tn/an