Libur Nelayan karena Ombak Besar, Nelayan Terima Bantuan Sembako

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 29 Des 2022 17:05 WIB

Libur Nelayan karena Ombak Besar, Nelayan Terima Bantuan Sembako

i

Bupati saat menyerahkan bantuan beras ke para nelayan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI, Lamongan - Beberapa hari ini ombak di laut wilayah Pantai Utara Paciran dan Brondong Kabupaten Lamongan terpantau cukup besar. Bahkan saat ini sebagian besar nelayan memilih libur melaut, kalaupun ada yang nekad melaut itu semua karena tuntutan kebutuhan, meski terkadang nyawa menjadi taruhannya.

Kondisi seperti ini langsung direspon oleh Pemkab Lamongan dengan memberikan paket sembako dan pengobatan gratis, dan pemberian sembako ini langsung diserahkan oleh bupati Yuhronur Efendi, di Kantor Kelurahan Blimbing Paciran, Kamis (29/12/2022).

Baca Juga: BNPB Salurkan Rp 150 Juta Bantuan untuk Kabupaten Pasuruan

"Nelayan ini sangat berperan bagi penunjang ekonomi di Lamongan sebagai daerah penghasil sari laut besar. Namun resiko yang dimiliki juga sangat tinggi, karena itu diantaranya bantuan ini diberikan," kata bupati dalam sambutannya.

Baca Juga: Bupati Lamongan Berangkatkan 3 Bus Balik Gratis

Bantuan yang diberikan ini berupa 5 kg beras kepada 140 nelayan yang kurang sejahtera. "Semoga bantuan ini bisa sedikit mengurangi beban nelayan, yang saat ini lebih memilih tidak melaut karena musim angin muson, angin besar," kelasnya. 

Adapun pelayanan pengobatan medis yang diinisiasi langsung oleh Dinas Kesehatan Lamongan. Di dalamnya menyediakan pemeriksaan serta membagikan obat gratis kepada nelayan yang memiliki keluhan sakit. Untuk nelayan yang memiliki keluhan akut akan dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Baca Juga: 110 ASN Diambil Sumpah, Bupati Pesan Agar Pelayanan Publik Harus Berkualitas

Bupati yang akrab disapa Pak Yes menjelaskan bahwa kegiatan pemberian jaminan kesejahteraan kepada para nelayan di Lamongan bukan pertama kalinya. Sebelumnya juga sudah disalurkan 8000 kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada nelayan.

"Dengan bantuan ini bermaksud memberikan perlindungan kepada nelayan agar lebih tenang menjalankan pekerjaannya," harapannya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU