Libur Panjang Akhir Pekan, KAI Daop 8 Surabaya Siapkan 46 KA Jarak Jauh

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 30 Mei 2023 16:02 WIB

Libur Panjang Akhir Pekan, KAI Daop 8 Surabaya Siapkan 46 KA Jarak Jauh

i

Foto ilustrasi. Foto: KAI Daop 8 Surabaya.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya memberangkatkan 46 kereta api jarak jauh dengan berbagai kota tujuan untuk memberikan layanan menyambut libur Hari Lahir Pancasila dan cuti bersama Hari Raya Waisak pada 1-2 Juni 2023.

"Dalam periode tersebut, kami akan memberangkatkan 46 kereta api (KA) jarak jauh dengan berbagai kota tujuan untuk melayani pelanggan pada masa libur panjang akhir pekan Juni 2023," kata Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Selasa (30/5/2023).

Baca Juga: Sambut Mudik Lebaran, KAI Daop 8 Optimalkan Perawatan Jalur Kereta Api

Luqman mengungkapkan, jumlah pemesanan tiket pada libur panjang akhir pekan tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan hari biasa. Setidaknya terdapat 12.000 pelanggan telah memesan tiket, pada Rabu (31/5/2023).

Dari jumlah itu, sebanyak 3.564 pelanggan berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng, 3.581 pelanggan berangkat dari Stasiun Surabaya Pasarturi, dan 2.104 pelanggan dari Stasiun Malang.

"Selebihnya merupakan pelanggan yang berangkat dari stasiun wilayah Daop 8 Surabaya lainnya, seperti Mojokerto, Bojonegoro, Sidoarjo, Bangil, dan lainnya," terangnya.

Ia menyebut, jumlah pelanggan masih dapat berubah karena pemesanan tiket secara online masih terus berlangsung. Terlebih pelanggan juga dapat membeli tiket Go Show 3 jam sebelum keberangkatan serta pembelian tarif khusus 2 jam sebelum keberangkatan.

Baca Juga: KAI Daop 8 Surabaya Siapkan 59 Lok dan 341 Kereta Penumpang

"Tujuan favorit para pelanggan pada libur panjang akhir pekan tersebut, di dominasi KA dengan tujuan Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Semarang, serta menuju Jember dan Banyuwangi,"ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, bagi masyarakat yang telah memiliki tiket KA jarak jauh keberangkatan 1 Juni dan seterusnya, dimohon untuk mengecek kembali jadwal keberangkatan KA. Pasalnya, per 1 Juni 2023 sudah berlaku jadwal perjalanan KA berdasarkan Grafik perjalanan Kereta Api (Gapeka) Tahun 2023.

”Perhatikan kembali jadwal keberangkatan KA yang tercetak di tiket, karena banyak jadwal keberangkatan KA yang berubah,” tegasnya.

Baca Juga: KAI Daop 8 Surabaya Sediakan Kuota Ramadan Festive 32.720 Tiket Hemat untuk Mudik

Luqman menuturkan, pada masa transisi ini seluruh jajaran Daop 8 Surabaya sudah siap akan perubahan tersebut dengan menyiapkan peralihan pada 31 Mei 2023, serta petugas posko di berbagai unit kerja.

Hal tersebut bertujuan agar seluruh aspek seperti layanan tiket dan operasional kereta api berjalan lancar, selamat, aman, dan terkendali. Selain itu, perubahan jadwal keberangkatan ini tentunya juga mempercepat waktu tempuh kereta api. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU