Liga 2 Ditunda, Persela Lamongan Putuskan Libur Latihan Selama Sepekan

Persela Lamongan.

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan -  PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan untuk menghentikan sementara kompetisi Liga 2 musim 2022-2023. Keputusan tersebut tertulis dalam surat bernomor 584 LIB-KOM/X/2022 tentang penundaan pertandingan selama dua pekan terkait tragedi Kanjuruhan.

Menanggapi keputusan tersebut, Manajemen Persela Lamongan mengambil kebijakan untuk meliburkan latihan tim selama sepekan ke depan.

"Kita dapat surat resmi dari LIB (Operator Liga) terkait penundaan (kompetisi), pertama adalah selama 2 pekan. Saya sudah koordinasi dengan tim pelatih, kita libur satu minggu," kata Manajer Persela Lamongan, Fariz Julinar Maurisal, Selasa (4/10/2022).

Persela pun menilai keputusan yang diambil LIB sudah sangat tepat. Mengingat tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan itu merupakan kasus paling memilukan di dunia sepak bola nasional.

Sebagaimana diketahui, tercatat 131 orang dilaporkan meninggal dunia atas insiden selepas Derby Jatim antara Arema FC versus Persebaya, Sabtu (1/10/22) lalu.

"Sudah seharusnya putaran kompetisi dihentikan sementara. Saya yakin semua klub mendukung keputusan (LIB) ini," ujar Fariz.

Menurutnya, semua tim Liga 2 pasti juga setuju dengan langkah LIB untuk menunda pertandingan selama dua minggu karena tragedi Kanjuruhan.

"Saat ini kondisi sepak bola kita memang sedang tidak baik. Selain itu, sekarang ini masih dalam suasana berduka. Apapun keputusannya (dari LIB), manajemen sangat menghargainya. Kita tentu menunggu perkembangan lebih lanjut," ucapnya.

Fariz melanjutkan, jika para pemain akan kembali latihan pada Senin (10/10/2022).

"Seharusnya kita besok sore tim sudah latihan, tapi kita undur satu pekan ke depan, hari Senin sore tim baru latihan. Karena kalau tidak ada penundaan lagi, sepekan kemudian kita suah main," jelasnya.

Sementara itu, mengenai keputusan manajemen Persela meliburkan pemainnya selama seminggu, karetaker Charis Yulianto mengaku tidak ada masalah.

"Keputusan manajemen terkait penundaan putaran kompetii dari PT LIB, kami sangat menghargainya," kata Charis. (*)

Sejauh ini, tim yang untuk sementara dibesut Charis Yulianto itu berada di urutan ke-8 klasemen Liga 2 Grup Tengah dengan 6 poin.

Dalam laga selanjutnya, Persela dijadwalkan melakoni laga home ke-4 mereka menjamu Nusantara United pada pekan ke-8 liga 2 Indonesia. lmg