Lima Balok Girder Jembatan Ngaglik 1 Balun Terpasang, Lalin Dialihkan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 07 Apr 2022 18:06 WIB

Lima Balok Girder Jembatan Ngaglik 1 Balun Terpasang, Lalin Dialihkan

i

Sebanyak 5 balok girder berhasil dipasang di jembatan Ngaglik 1 Balun, dengan menggunakan dua alat berat crane. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Lima balok girder akhirnya terpasang di jembatan Ngaglik 1 Balun yang ambles beberapa waktu lalu. Pemasangan balok besar ini dilakukan tepat pukul 14.00-15.45 Wib, dengan menggunakan dua crane, sementara saat pengerjaan jalur ditutup arus lalu lintas dialihkan, Kamis (7/4/2022).

Pemasangan balok girder ini menggunakan dua crane yang ditempatkan di dua sisi, sebelah barat dan timur. Sementara truk trailer disiapkan untuk mengangkut balok girder dari arah barat satu persatu. Truk yang mengangkut girder memanfaatkan sisa jembatan di sisi kanan atau sebelah selatan jembatan yang ambruk, yang masih bisa dilalui.

Baca Juga: Songsong Pilbup, PKB Lamongan Segera Membentuk Desk Pilkada

Dua crane kemudian mengangkat girder tersebut untuk kemudian dipasangkan di slider jembatan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Setelah menempelkan girder di jembatan, langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah diafragma jembatan selama tiga hari. Setelah itu pemasangan plat, besi di atas plat, dan melakukan pengecoran jembatan.

Sementara, untuk memperlancar pemasangan balok girder jembatan ini, jalur poros nasional di Lamongan pun untuk sementara ditutup sejak pukul 14.00 hingga pukul 05.00. "Penutupan jalan nasional secara total ini hanya untuk sementara waktu, kalau pemasangan girder selesai, jalur akan dibuka kembali," kata Kasatlantas Polres Lamongan AKP Aristianto Budi Santoso kepada wartawan di sela-sela pengawalan arus lalu lintas di sekitar Jembatan Balun, Kamis (7/4/2022).

Baca Juga: Horeee.. Siltap Pamong Desa di Lamongan Akhirnya Dicairkan Meski Hanya 1 Bulan

Sementara, penutupan arus yang dilakukan selama proses pemasangan girder ini membuat sejumlah kendaraan yang sedianya lewat jembatan Balun harus memutar untuk menghindar. "Saya tadi dari Semarang mau ke kota Lamongan, karena ditutup, tadi saya harus lewat Plosowahyu untuk kemudian masuk ke kota," kata Bashoir, salah seorang pengguna jalan.

Sekedar diketahui, Jembatan Ngaglik 1 Balun yang ambles pada 29 Maret 2022 lalu itu  adalah jembatan Nasional dibawa tanggung jawab kementerian PUPR, dengan pengawasan dari Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII, ambles pukul 14.10 WIB sekitar 1 meter.

Baca Juga: Gerindra Isyaratkan Usung Kader Sendiri di Pilbup Lamongan

Jembatan penghubung di jalan Nasional Lamongan-Surabaya ini direncanakan akan selesai pengerjaan nya H-10 atau selama 21 hari, sehingga perayaan Hari Raya Idul Fitri sudah bisa digunakan.

Jembatan yang ambles di sisi tengah ini dibangun sejak tahun 1979 atau sudah 43 tahun. Sementara dua sisi jembatan yang ada di Utara dan Selatan jembatan yang ambles masih aman dan bisa dilalui. Dua jembatan ini bernomor No 28.006.002.0, lokasi 7.10938 LS 112.3997 BT, dari SBY KM 46+140, Panjang Jembatan 25 meter (1 Bentang), Jenis Jembatan atas GPI, Tahun pembangunan 1993. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU