Lima Daerah di Jatim Cakupan Vaksinasi Covid-19 Rendah, Ini Datanya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 16 Agu 2022 13:41 WIB

Lima Daerah di Jatim Cakupan Vaksinasi Covid-19 Rendah, Ini Datanya

i

Foto Ilustrasi

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Satgas Covid-19 Provinsi Jatim membeberkan data 5 daerah yang cakupan vaksinasinya rendah per 13 Agustus 2022. Satgas Covid-19 Jatim mengimbau kepada daerah-daerah di Jatim yang cakupan vaksinasinya masih rendah segera tancap gas.

Kelima daerah yang dimaksud yakni Pamekasan, Ponorogo, Probolinggo, Bangkalan dan Lumajang. Salah satunya daerah Lumajang dengan capaian vaksinasi dosis pertama berada di angka 72,06%, dosis kedua 56,64%, dan dosis ketiga 15,24%.

Baca Juga: Peringati Hari Pers, PWI Blitar Raya Gelar Baksos juga Cek Kesehatan dan Vaksinasi Booster Gratis

Dr Makhyan Jibril selaku Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Jatim mengimbau agar daerah yang capaian vaksinasinya masih rendah untuk segera ditingkatkan. Sebab, hampir seluruh korban meninggal akibat Covid-19 adalah mereka yang belum melakukan vaksinasi dan memiliki komorbid.

Baca Juga: Vaksin Booster Covid-19 Kedua Harus Bayar Rp100 Ribu

“Jadi memang vaksinasi ini sangat penting karena salah satu yang terbukti mampu menurunkan gejala sedang maupun berat dari infeksi Covid-19. Karena itu kami menghimbau untuk daerah yang capaian vaksinasinya belum oke (masih rendah) segera ditingkatkan,” ujar Jibril, Selasa (16/8/2022).

Jibril menambahkan, vaksin booster saat ini telah menjadi syarat perjalanan, bahkan masuk ke mall. Sehingga, ia juga berharap capaian vaksinasi booster juga ditingkatkan.

Baca Juga: Vaksinasi Booster Kedua Kota Mojokerto Terkendala Stok

“Karena ini juga sangat penting mengingat vaksinasi satu dan dua kita sudah cukup lama, dan supaya memastikan bahwa ketika misalnya ada kenaikan kasus, booster ini mampu mencegah supaya orang yang terinfeksi tidak jatuh pada gejala yang sedang dan berat,” pungkasnya. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU