Limbah Pabrik Sumpit Dikeluhkan Warga Bondowoso

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 27 Jan 2021 11:48 WIB

Limbah Pabrik Sumpit Dikeluhkan Warga Bondowoso

i

Limbah pabrik pembuatan sumpit di Bondowoso. SP/ DECOM

SURABAYAPAGI.com, Bondowoso - Limbah pabrik pembuatan sumpit di Bondowoso dikeluhkan oleh warga sekitar dikarenakan baunya yang menyengat dan juga mencemari sumur warga di Desa Pekauman, Grujugan. Akibat pencemaran limbah tersebut membuat warga sekitar merasa tidak nyaman.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang tokoh masyarakat desa setempat, Ali Rohbini, saat ini banyak warga desa yang mengeluhkan limbah pabrik tersebut yang berwarna hitam dan berbusa. Pun baunya sangat menyengat.

Baca Juga: Tanggapan Terkait Operasi Tangkap Tangan KPK Terhadap 2 Oknum Jaksa di Bondowoso

"Warga Desa Pekauman, khususnya Dusun Daringan, banyak yang mengeluhkan limbah yang dikeluarkan PT Bonindo Abadi itu," ujarnya, Rabu (27/1/2021).

Selain itu, menurut Pengasuh Ponpes Bustanul Ulum ini, warga bukan menuntut agar pabriknya ditutup, namun bagaimana pengolahan limbah pabrik itu sebelum dikeluarkan.

"Ini sangat mencemari lingkungan. Baunya sangat menyengat dan mengganggu kesehatan," keluhnya.

Baca Juga: Harga Cabai di Bondowoso Makin Pedas: Pedagang Sumringah, Pembeli Meringis

Dia menambahkan selain bau menyengat, aliran limbah itu melintas di kawasan permukiman warga Desa Pekauman itu juga mencemari lahan pertanian dan sumur warga.

"Warga memberi tenggat waktu seminggu. Jika tak juga ada solusi, warga akan menutup paksa aliran air limbah tersebut," pungkas Ali Rohbini.

Tidak hanya itu, beberapa keluhan warga desa juga dituangkan dalam surat pernyataan terdampak limbah yang ditandatangani 100-an warga Desa Pekauman, Grujugan. Khususnya Dusun Daringan, yang dilintasi saluran pembuangan limbah pabrik tersebut.

Baca Juga: Idul Adha, Warga Dilarang Buang Rumen di Sungai

Surat pernyataan keberatan itu lantas dikirimkan ke pihak PT Bonindo Abadi selaku managemen pabrik. Dengan tembusan ke bupati, jajaran terkait di lingkup Pemkab Bondowoso, aparat berwenang lainnya, serta muspika setempat. Dsy9

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU