Lomba 'Sholawat Diba' Semarakan HSN di kota Probolinggo

Penyerahan hadiah kepada salah satu juara dalam lomba Sholawat Diba' di Puri Manggala Bhakti kantor Pemkot setempat, Sabtu (17/10) malam.

SURABAYAPAGI.COM, Probolinggo - Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2020, Pemerintah kota Probolinggo gelar lomba Sholawat Diba' dengan prokes yang ketat. Acara lomba berlangsung di Puri Manggala Bhakti kantor Pemkot setempat, Sabtu malam (17/10) saat ini adalah Grand Final.

Lomba itu dihadiri oleh Asisten Pemerintahan sekaligus Wakil Ketua PCNU Kota Probolinggo Paeni Efendi, Ketua PCNU Kota Probolinggo H. Samsur, Sekretaris PCNU Ilyas Rolis dan pengurus jajaran PCNU serta tamu undangan.

Dalam lomba ada beberapa penilaian, antara lain vokal, improvisasi juga makhraj dan pengaturan nafas. Adapun beberapa pemenang lomba Sholawat Diba' sebagai berikut, Juara harapan 3 Muslimat NU Ranting Kademangan Muda, juara harapan 2 Alhasani Kademangan, juara harapan 1 Fatayat NU Jrebeng Kulon. Juara 3 Muslimat Ranting Kademangan, juara 2 Fatayat Ranting NU Jrebeng Kulon, juara 1 Yayasan Hidayatul Ula Ketapang.

Ketua PCNU kota Probolinggo Paeni menyampaikan, sholawat Diba' merupakan sebuah karya sastra yang sangat terkenal, bercerita tentang hal ikhwal Nabi Muhammad SAW serta syair-syair pujian dan teladan Baginda Rasullulah SAW.

"Mempertahankan dan mengembangkan tradisi-tradisi lokal yang bersifat Islami untuk menggali potensi, mengembangkan bakat dan talenta generasi muda Islam, khususnya dalam ruang kesantrian di Kota Probolinggo," ungkapnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Probolinggo Moch Maskur mengatakan, momen pada HSN tahun 2020 salah satunya adalah lomba Sholawat Diba' yang mana malam hari ini adalah Grand Final.

"Mengapa kita mengadakan acara lomba ini, agar supaya banyak bersholawat akan mendapatkan pertolongan atau syafaat dari Rosulullah SAW, termasuk juga maknanya itu juga banyak tentang membaca risalah-risalah Rosulullah SAW, bagaimana Rosulullah itu semasa hidupnya masih dalam perjuangan dalam menegakan agama Islam," paparnya. wan