Long Weekend, Terminal Purabaya Alami Lonjakan Penumpang

Sejumlah penumpang bus menunggu keberangkatan di Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo, Jawa Timur. SP/DOC SP

SURABAYAPAGI,Surabaya - Selama long weeked libur paskah, terjadi lonjakan penumpang di Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo. Lonjakan penumpang ini dilihat dari jumlah penumpang mencapai 10 ribu orang penumpang.

” Kamis (1/4) malam itu adalah puncaknya. Jika hari biasa hanya 6 ribu penumpang," kata Kepala Sub-Unit Terminal Purabaya, Imam Hidayat di Sidoarjo, Senin (5/4).

Meski mengalami kenaikan, Imam menjelaskan jumlah penumpang masih mengalami penurunan jika dibanding hari-hari biasa sebelum pandemi COVID-19 melanda. "Kalau dahulu sebelum pandemi, pada hari biasa penumpang bisa mencapai 28 ribu. Pada akhir pekan pun bisa mencapai 30 hingga 35 ribu penumpang," ujar Imam.

Jumlah armada bus yang beroperasi saat pandemi juga mengalami penurunan. Setiap hari hanya ada 500-600 armada yang beroperasi. Sementara sebelum pandemi, armada yang beroperasi mencapai 1.500.

"Untuk armada tidak ada kenaikan. Tapi penumpang ada kenaikan jika dibanding hari biasa saat pandemi," katanya.

Menurut Imam, sepinya Terminal Purabaya dipengaruhi beberapa faktor antara lain penumpang yang masih takut naik angkutan umum. Selanjutnya penumpang takut dimintai surat rapid antigen. 

Selain itu, Imam menuturkan belum ada aturan informasi terkait penutupan Terminal Purabaya karena larangan mudik tahun ini.

"Itu kebijakan pimpinan, baik kota maupun pusat. Tapi sampai sekarang belum ada informasi tersebut. Kasihan juga kalau ditutup karena berimbas ekonomi," ujarnya. na