Longsor Batu Setinggi 4 Meter Jebolkan Rumah Warga

Salah satu rumah warga yang jebol terkena longsoran batu. SP/ BPBD Tulungagung

SURABAYAPAGI.com, Tulungagung - Longsor batu di Pagerwojo, Tulungagung mengakibatkan sebuah rumah warga jebol di bagian belakang rumah. Kini penghuni rumah mengungsi di rumah keluarga. Tebing setinggi empat meter tersebut ambrol setelah terjadi hujan deras.

Kepala Desa Pagerwojo, Adi Setiono mengatakan bahwa Longsor di Tulungagung tersebut menimpa rumah milik pasangan Gunawan dan Nurul, di Dusun Kebonsari, Desa/Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung setelah hujan deras di Tulungagung.

"Kemarin sore itu wilayah Pagerwojo sini terjadi hujan deras, kemudian terjadi tebing longsor itu. Kondisinya tembok belakang jebol cukup lebar, terkena material batu berukuran besar," katanya, Minggu (7/3/2021).

Menurut Adi, peristiwa tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun luka, sebab saat terjadi longsor pemilik rumah sedang tidak berada di rumah.

"Saat itu pemilik rumah berada di kandang sapi untuk memerah susu. Pas pulang tahu-tahu rumahnya sudah kelongsoran itu," ujarnya.

Saat ini puluhan warga setempat bersama BPBD, Tagana, TNI dan polisi bergotong-royong membersihkan material tanah dan batu yang menimpa rumah korban.

Proses pembersihan membutuhkan waktu relatif lama, sebab material batu yang longsor berukuran cukup besar, sedangkan proses memecah batu hanya menggunakan peralatan manual.

Untuk sementara pemilik rumah mengungsi ke rumah keluarga yang lain, karena takut terjadi longsor susulan. Dsy10