Longsor di Pasuruan Rusak Jembatan dan Kandang Sapi Warga

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 28 Feb 2021 13:19 WIB

Longsor di Pasuruan Rusak Jembatan dan Kandang Sapi Warga

i

Sapi limousin milik warga yang terjebak longsor di Pasuruan. SP/ PSN

SURABAYAPAGI.com, Pasuruan - Setelah terjadi banjir yang merendam ratusan rumah warga, kini terjadi longsor yang menerjang lereng Gunung Bromo di Desa Andonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Akibat longsor tersebut membuat jembatan hingga kandang sapi milik warga rusak diterjang.

Staf Kedaruratan BPBD Kabupaten Pasuruan, Subandi mengatakan bahwa longsor Pasuruan menyebabkan jembatan antar dusun di Dusun Selorok, Desa Andonosari. Akibat jembatan rusak akses antar dusun putus. Sebanyak 33 kepala keluarga terisolasi.

Baca Juga: Pemerintah Tutup Mata Soal Tanggul Sungai Gunting di Jombang Kritis, Rumah Warga Terancam Hanyut

"Jembatan rusak menyebabkan 33 KK terisolir," katanya, Minggu (28/2/2021).

Selain merusak jembatan, longsor di kawasan agrowisata ini juga menerjang kandang sapi milik Sumardi (65). Pemilik kandang yang berada di kandang sempat terjebak longsor, namun bisa diselamatkan warga.

Sapi limousin miliknya juga tertimbun. Warga berusaha keras menyelamatkan sapi berbobot 1 ton tersebut. Penyelamatan sapi berlangsung dramatis. Setelah 1 jam, sapi berhasil diselamatkan. Warga memikul sapi tersebut ke tempat aman.

Baca Juga: Hujan Lebat Selama 24 Jam, Longsor Timpa 4 Rumah dan Sebabkan Satu Korban Tewas

Kades Andonosari, Anton, mengatakan hujan turun di kawasan pegunungan sejak Sabtu sore. Saat itu, Sumardi sedang berada di dalam kandang yang ada di kawasan hutan.

"Tiba-tiba longsor datang dan menimpa kandang korban. Beruntung warga melihat kejadian itu dan langsung menyelamatkan korban dan hewan ternaknya," kata Anton.

Meski begitu, tak ada korban jiwa dalam peristiwa Longsor di Pasuruan tersebut. Namun kerugian mencapai belasan juta rupiah.

Baca Juga: Waspada! Jalur Pacet-Trawas Masih Rawan Longsor

Sebagai informasi, selain longsor, Kabupaten Pasuruan juga dilanda banjir yang menelan ratusan rumah di Dusun Jetis, Desa Prodo, Kecamatan Winongan, mulai Sabtu (27/2/2021) kemarin malam. Dari hujan deras tersebut juga mengakibatkan tiga sungai meluap akibat tanggul ambles atau air meluber.

Sekitar 250 kepala keluarga terdampak banjir Pasuruan setinggi 50 cm. Banjir di lokasi ini akibat luberan Sungai Rejoso karena tanggul ambles. Selain itu, banjir terjadi di Dusun Bulu Selatan, Desa Tambakrejo, Kecamatan Kraton. Banjir akibat luapan Sungai Welang setinggi 30-40 cm. Dsy11

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU