Longsoran Batu Sebabkan Lalin di Probolinggo Terganggu

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 02 Feb 2021 10:55 WIB

Longsoran Batu Sebabkan Lalin di Probolinggo Terganggu

i

Longsoran batu besar yang jatuh dari lereng Gunung Bentar. SP/ DECOM

SURABAYAPAGI.com, Probolinggo - Sejumlah batu besar jatuh dari lereng Gunung Bentar ke bahu di jalan pintura, Senin (1/2/2021) malam akibat hujan deras yang mengguyur Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo menyebabkan bebrapa aksen jalan terganggu.

Menurut anggota Patwal Satlantas Polres Probolinggo, Bripka Rio Prayogo, batu besar itu jatuh sekitar pukul 20.00 WIB, Kemarin tepatnya berada di Desa Curah Sawo. Namun beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Baca Juga: 1000 Pohon Mangga Manalagi akan Ditanam di Kawasan Kota Probolinggo

"Sedang patroli dan melintas di TKP, batu berukuran besar sudah berada di bahu jalan raya pantura. Langsung berhenti dan mengatur lalu lintas," ujarnya.

"Takut ada kendaraan yang menghantam batu jatuh dari bebukitan Gunung Bentar ini. Dan segera mengevakuasi batu besar didorong dengan mobil patroli patwal yang saya kendarai," imbuhnya.

Batu besar itu sempat mengganggu lalu lintas yang dari arah timur ke barat. Atau dari Probolinggo menuju Pasuruan. Kemacetan tidak begitu lama, karena petugas segera memindahkan batu itu ke tepi jalan.

Baca Juga: BPBD Probolinggo Salurkan Bantuan untuk Korban Rumah Roboh

Dalam sepekan terakhir, hujan deras mengguyur Kabupaten Probolinggo. Beruntung, jatuhnya batu itu ketika tidak ada pengendara yang melintas.

"Kondisi saat itu hujan deras, dan lampu padam, ditambah minimnya peralatan. Dari pada ada korban jiwa, terpaksa kita dorong pakai mobil dinas yang biasa dipakai tugas," jelas Bripka Rio, Selasa (2/2/2021)

Beberapa menit berselang, petugas dari BPBD Kabupaten Probolinggo datang ke lokasi batu besar jatuh. Lalu membersihkan sisa tanah karena licin dan membahayakan pengendara roda 2.

Baca Juga: Pemkab Probolinggo Alokasikan Rp 2 M untuk Tekan Inflasi

Petugas BPBD dan Satlantas Polres Probolinggo mengimbau masyarakat dan pengguna jalan untuk lebih hati-hati di saat hujan. Lebih baik berhenti sejenak di tempat yang aman dan baru melanjutkan perjalanan setelah hujan reda. Dsy8 

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU