Luhut Pastikan, PPKM Masih Berlanjut

Luhut saat memberikan keterangan pers di Kantor Kepresidenan, Senin (9/5/2022) yang ditayangkan secara online di Youtube.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, dengan terus membaiknya kondisi Covid-19, aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) akan terus dipermudah dan dilonggarkan dengan mengikuti standar protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

“Di tengah terus membaiknya kondisi Covid-19 di Tanah Air, relaksasi aturan PPKM akan terus dipermudah dan dilonggarkan, namun akan tetap terus mengikuti standar protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah,” kata Luhut saat memberikan keterangan pers di Kantor Kepresidenan, Senin (9/5/2022).

Luhut mengatakan, detail tentang pelonggaran aturan PPKM akan dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri dan Surat Edaran Satgas yang akan dikeluarkan dalam waktu dekat.

“Pemerintah juga menegaskan, hingga hari ini akan terus memberlakukan PPKM di Jawa-Bali hingga waktu yang masih belum ditentukan dan juga mengikuti hasil evaluasi secara reguler yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden,” katanya.

Disebutkan, membaiknya kondisi pandemi tidak mematahkan semangat pemerintah untuk terus melakukan akselerasi vaksin dosis kedua dan booster di seluruh wilayah Jawa-Bali yang masih tertinggal.

Selain itu, pemerintah tetap mendorong penggunaan PeduliLindungi dan masker di tempat-tempat publik untuk mengurangi dampak buruk Covid-19 dan memberikan kekebalan kepada masyarakat.

Luhut menjelaskan, berdasarkan level asesmen yang dilakukan pemerintah hingga 7 Mei 2022, tidak ada kabupaten/kota yang berada di level 4.

“Hanya ada satu kabupaten yaitu Kabupaten Pamekasan yang berada pada level 3 akibat vaksinasi yang belum memadai,” kata dia.

Kasus Covid-19 di Indonesia memang terus menurun dalam dua bulan terakhir. Meski masih bertambah setiap hari, namun jumlah penambahan tak sebanyak tambahan pasien yang sembuh.

Kemarin, konfirmasi kasus positif Covid-19 di Indonesia hanya bertambah 227 kasus. Tambahan tersebut membuat total kasus Covid-19 di Indonesia sejak awal pandemi mencapai 6.048.431 kasus.

Satgas Covid-19 juga mencatat sebanyak 10 orang meninggal dunia, membuat total angka kematian mencapai 156.381 kasus.

Total pasien sembuh mencapai 5.885.858 pasien, setelah tambahan pasien sembuh sebanyak 452 pasien. Sementara kasus aktif 6.192 orang atau turun 235 kasus dibandingkan kemarin.

Pemerintah pun telah melonggarkan kegiatan masyarakat di tempat umum. Bahkan, pemerintah tak melarang masyarakat melakukan mudik Lebaran pada tahun ini. jk,4,rc