Luhut, Usia 76 Tahun, Baru Merasa "Kelelahan"

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 06 Nov 2023 20:33 WIB

Luhut, Usia 76 Tahun, Baru Merasa "Kelelahan"

i

Raditya M Khadaffi

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Kabar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, jatuh sakit sudah beredar sejak awal Oktober 2023.

Kala itu sejumlah foto diklaim sebagai kondisi Luhut dengan alat bantu pernapasan.

Baca Juga: Petaka Game Online bagi Anak…

Jubir Kemenko Marves Jodi Mahardi menegaskan hingga saat ini tidak ada penyakit spesifik sebagai penyebab Luhut jatuh sakit selain daripada kelelahan.

Luhut Binsar Panjaitan; lahir 28 September 1947. Praktis usianya 76 tahun. Luar biasa untuk kesehatan pejabat di Indonesia yang masih aktif.

Melalui akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan pada Selasa, (10/10/ 2023), menceritakan awal mula dirinya jatuh sakit. Awalnya, dirinya tiba-tiba merasa sangat kelelahan setelah menghadiri suatu kegiatan.

Awal mula Luhut dirawat di Singapura pasca mengalami kelelahan luar biasa setelah menghadiri salah satu kegiatan sebagai Menkomarinves. Merasa ada yang tidak wajar, dirinya lantas bergegas dirawat di salah satu RS Jakarta. Ini sebagai langkah preventif lebih lanjut.

Tim dokter saat itu langsung meminta Luhut beristirahat penuh, menyetop sementara aktivitas atau rutinitas yang dijalani setiap hari. Tak lama setelahnya, Luhut mendapat tawaran perawatan langsung dari Senior Minister Teo Chee Hean dan Menlu Singapura Dr Vivian Balakhrisnan untuk menjalani pemeriksaan medis dan evaluasi lebih komprehensif terkait kesehatannya.Kini, Luhut dikabarkan segera pulang dari Singapura. Sampai kini tidak dijelaskan secara rinci kapan dirinya tiba di Tanah Air.

Nyaris sebulan dirawat di Singapura, kondisi Menkomarinves Luhut Binsar Pandjaitan terus berangsur membaik. Presiden Joko Widodo hingga beberapa Menteri juga sudah diperbolehkan menjenguk pria 76 tahun itu.

"Rupanya menjalani pemulihan jauh dari rumah adalah pilihan yang bijak, sebagaimana terlihat dari progress kondisi saya yang berangsur-angsur membaik sampai saat ini. Sekarang, saya mulai diperkenankan memegang ponsel untuk sejenak menengok urusan kerja meskipun belum sepenuhnya. Saya juga sudah mulai menerima kunjungan Presiden @jokowi, Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin, para Menteri dan teman-teman terdekat. Rasanya seperti mendapat tambahan energi dan semangat untuk pulih kembali," curhat Luhut dalam akun pribadi Instagramnya, Sabtu (4/11/2023).

Sedikitnya menurut Luhut ada dua hal yang menjadi pemicu utama di balik kesembuhannya dari penyakit, di usia yang sudah lanjut. Salah satunya soal pengalaman semasa di Kopassus, juga keajaiban dari Tuhan.

"Kalau saya ditanya apa dorongan terbesar yang membuat saya bisa sembuh meski usia saya tidak muda lagi? Jawabannya ada dua hal. Pertama, karena sikap pantang menyerah yang saya pelajari semasa di Kopassus. Kedua, dan yang paling penting adalah kasih dan pertolongan Tuhan YME," cerita Luhut.

 

***

 

Siapa pejabat tertua di pemerintahan Jokowi? Tercatat, Wakil Presiden Ma'ruf Amin sudah berusia 80 tahun, pada Sabtu (11/3/2023) .

Baru, Luhut Binsar Pandjaitan menjadi yang paling senior di Kabinet Indonesia Maju. Berusia 76 tahun, dia lahir di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, 28 September 1947.

Menyusul, Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan lahir di Jakarta, 17 Oktober 1951, Ketua Umum Partai Gerindra itu kini berusia 71 tahun.

Kemudian, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD berusia 65 tahun.

Lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi lahir di Palembang, Sumatera Selatan, 66 tahun lalu.

Juga Pratikno Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, yang lahir di Bojonegoro, Jawa Timur, 13 Februari 1962.

Seusia Pratikno, ada Tri Rismaharini Menteri Sosial Tri Rismaharini lahir di Kediri, Jawa Timur, 20 November 1961. Usia bekas Wali Kota Surabaya itu kini 61 tahun.

Siti Nurbaya Bakar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar lahir di Jakarta, 66 tahun lalu.

Kemudian, Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 5 November 1954. Politikus PDI-P itu kini berusia 68 tahun.

Sedang Menteri Perencanaan Pembangunan sekaligus Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa berusia 68 tahun. Ia lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat, 31 Oktober 1954

Menteri usia tua lainnya, Arifin Tasrif Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif lahir di Jakarta, 69 tahun lalu.

Yasonna Laoly Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly kini berusia 69 tahun. Lahir di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, 27 Mei 1953.

 

***

 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan membantah sejumlah tuduhan dalam video perbincangan berjudul 'Ada lord Luhut di balik relasi ekonomi-ops militer Intan Jaya!! Jenderal BIN juga Ada1!’.

Dalam keterangan sebagai saksi di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Luhut mengatakan, "tidak ada waktu bermain-main" dalam pertambangan di Papua.

Baca Juga: Hak Angket, Mungkinkah Terealisasi di DPR?

Ia mengaku sudah berjanji untuk fokus pada kerjanya sebagai menteri hingga 2024 mendatang.

Tak salah, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjuluki Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai menteri di dalam kabinet Presiden Joko Widodo, yang serba bisa.

Menurutnya, julukan itu tepat untuk sosok Luhut yang banyak ide dan solusi. Kata dia, tak mungkin juga Presiden Jokowi memberikan tugas jika Luhut tak kompeten.

Dia pun sepakat dengan Prabowo, selaku junior Luhut di militer bahwa Menko Marves itu merupakan orang yang penuh ide dan dapat dipercaya pimpinan.

Saat pandemi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengakui baik petugas maupun masyarakat, lelah menghadapi pandemi COVID-19 namun jangan sia-siakan kelelahan itu dengan tidak lagi disiplin dalam melakukan protokol kesehatan.

Oleh karena itu, pihak keluarga Luhut juga berharap kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno agar beban kerja Luhut di pemerintahan dapat dikurangi.

Apa penyebab orang kelelahan? Menurut HUFFPOST, makan hingga kenyang dengan komposisi gula dan karbohidrat yang tinggi adalah penyebab utama orang mudah mengantuk sesudah makan.

Artinya, kita boleh saja sibuk dengan aktivitas harian yang padat tetapi meluangkan waktu berolahraga. Sama sekali tidak berolahraga justru akan menurunkan kemampuan metabolisme tubuh Anda dan menurunkan kemampuan tubuh Anda untuk memproduksi energi.

Meski tidak menyebutkan penyakit apa yang diidap, Luhut mengaku merasa lelah atau capek yang luar biasa.

Dikutip dari Healthline, kelelahan bisa dipicu berbagai kondisi termasuk kesehatan mental serta fisik. Beberapa penyebabnya bisa mengarah ke pertanda serius, tetapi banyak di antaranya yang juga hilang hanya dengan memperbaiki pola hidup seperti olahraga, pola makan, dan waktu tidur.

Kelelahan adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perasaan lelah atau kekurangan energi secara keseluruhan. Ini tidak sama dengan sekadar merasa mengantuk. Saat lelah, kita mungkin tidak memiliki motivasi dan energi. Mengantuk mungkin merupakan gejala kelelahan, tetapi itu bukan hal yang sama.

Kelelahan adalah gejala umum dari banyak kondisi medis dengan tingkat keparahan mulai dari ringan hingga serius. Hal ini juga merupakan akibat alami dari beberapa pola gaya hidup, seperti kurang olahraga atau pola makan yang buruk.

Kondisi kesehatan mental juga bisa menyebabkan kelelahan. Misalnya, kelelahan adalah gejala umum dari kecemasan, depresi, dan gangguan afektif musiman.

'Kalau orang tanya saya mana yang paling bahagia di dalam hidup kamu? Saya akan tetap jawab waktu saya jadi tentara," kata Luhut.

Tekadnya, di kontestasi Pemilu 2024 nanti Luhut tidak akan maju jadi calon presiden maupun wakil presiden. Pengakuan itu diungkapkan Luhut dalam peluncuran buku biografinya bertajuk 'Luhut' karya penulis Noorca M. Massardi.

"Terima kasih pada mereka yang telah bantu saya dalam banyak hal, sehingga katanya saya populer. Tapi, untung saya nggak mau jadi (calon) presiden atau calon wakil presiden," ungkap Luhut dalam acara peluncuran di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (7/10/2022).

Baca Juga: Harga Beras Melonjak, Benarkah Ada Politisasi Beras?

Saya catat, sosok Luhut sendiri cukup sering bolak-balik masuk ke dalam jajaran kementerian. Khususnya di zaman kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Di kepemimpinan Presiden Jokowi, Luhut pertama kali menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia pada 31 Desember 2014 hingga 2 September 2015.

Kini, pensiunan tentara yang lahir di Sumatera Utara 28 September 1947 ini mengaku sangat menikmati masa-masa menjadi prajurit Kopassus. Secara khusus dia juga menyebutkan nama Sintong Pandjaitan sebagai atasannya kala itu.

Selain berkarier di militer, Luhut merupakan seorang pebisnis sukses yang mendirikan PT Toba Sejahtera dan diketahui dirinya memiliki 99,98% saham Grup PT Toba Sejahtera.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Luhut Binsar Pandjaitan terakhir melaporkan harta kekayaannya pada 30 Maret 2022 untuk periodik 2021. Luhut menyampaikan kekayaannya senilai Rp 716,31 miliar. Wooowww!

Menurut laporan tersebut nampak bahwa sebagian besar harta miliknya terdiri atas tanah dan bangunan dengan total nilai mencapai Rp 245,35 miliar

Tak salah, Pengamat Kebiajakan Publik, Gigin Praginanto, menyebut sungguh enak jadi bos bisnis. Karena dengan begitu segala urusan akan dilimpahkan ke dia.

“Enaknya jadi bos bisnis kalau anak buah jadi orang nomor satu. Semua urusan diserahkan ke dia,” kata Gigin dalam unggahannya di Twitter, Rabu (30/8/2023).

Bagaimana tidak, selain didapuk sebagai Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut memang diamanahkan sederet jabatan oleh Presiden Jokowi.

Tahun 2021, pernah heboh kabar tentang keterlibatan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam bisnis tes Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19. Luhut disebut memiliki saham di PT Genomik Solidaritas Indonesia (GSI) yang berbisnis di tes PCR ini.

Saat itu ramai dugaan keterkaitan pejabat publik dengan bisnis polymerase chain reaction atau PCR. Selang 2 minggu pasca dugaan itu diungkap, kontroversi bisnis PCR masih terus ramai diperbincangkan. Abai terhadap etika publik dan konflik kepentingan.

Sedikitnya terdapat 2 pejabat publik yang diduga memiliki keterkaitan. Mereka adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir. Sebuah perusahaan yang menjalankan bisnis PCR di lima cabang di Jakarta dan sekitarnya, yaitu PT Genomik Solidaritas Indonesia, diduga terkait dengan perusahaan yang terafiliasi dengan Luhut dan Erick.

Luhut terafiliasi melalui PT Toba Sejahtera dan PT Toba Bumi Energi yang masing-masing memiliki 242 lembar saham PT Genomik Solidaritas Indonesia senilai Rp 242 juta. Sementara Erick terafiliasi melalui Yayasan Adaro, organisasi nirlaba di bawah PT Adaro Energy Tbk, perusahaan yang dimiliki oleh keluarga besar Erick Thohir.

Bisnis PCR diketahui merupakan bisnis yang menggiurkan di tengah pandemi. Koalisi Masyarakat Sipil untuk Kesehatan dan Keadilan menyebutkan, perputaran uang dalam bisnis tersebut sedikitnya mencapai Rp 23 triliun. Total potensi keuntungan yang didapat lebih dari Rp 10 triliun. Kebijakan penggunaan dan harga PCR yang dikeluarkan pemerintah juga diduga memiliki keterkaitan dengan kepentingan bisnis. Koalisi misalnya, menduga penurunan harga merupakan akibat dari alat tes PCR segera memasuki masa kadaluarsa. Selain itu harga komponen PCR, beserta alasan menurunkannya dinilai tertutup sehingga menimbulkan kecurigaan akan adanya kepentingan bisnis.

Sebagai purnawirawan militer, Luhut membantah memanfaatkan jabatannya untuk meraih keuntungan ekonomi dari operasi militer di Papua. Horas Pak Luhut. Semoga cepat sehat, bisa pulang ke Indonesia lagi. ([email protected])

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU