Lulusan Teknik yang Sukses Jadi Juraga Ampyang Cayang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 31 Mar 2021 09:16 WIB

Lulusan Teknik yang Sukses Jadi Juraga Ampyang Cayang

i

Salah satu varian produk ampyang cayang. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - M Reza Farizy merupakan lulusan teknik. Dia alumni SMK Negeri V Jurusan Elektro dan lulus Tahun 2000. Namun Reza mencoba menekuni bisnis pembuatan ampyang dan menjadikan usaha tersebut sebagai sumber penghasilan utama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Namun, disela-sela kesibukannya dia sering diajak kakak sepupunya yang pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk berkecimpung di dunia bisnis. Dari sinilah awal mula keinginannya untuk menjadi seorang wirausaha terbentuk.

Baca Juga: Imigrasi I Surabaya Berhasil Terbitkan Hampir 10 Ribu Paspor

Setelah, sekian lama menjadi resaler produk orang lain, timbul pemikiran untuk membuat produk sendiri. Ada pertanyaan yang selama ini mengganggu di benaknya.”Produk orang lain saja mampu saya jual, apalagi produk sendiri?” jelasnya, dikutip Rabu (31/3/2021).

Setelah melakukan penelitian dan survey pasar, akhirnya Reza, menjatuhkan pilihan kepada kacang ampyang. Sebuah produk jadul yang sudah melegenda di masyarakat.

Awalnya, Reza, masih maju mundur untuk membuka usaha sendiri. Karena dia beranggapan membangun usaha itu harus sempurna. Akhirnya, waktu mengajarkan kepadanya bahwa usaha yang baik adalah bisnis yang dibuka, bukan yang hanya direncanakan terus menerus. Kalaupun ada kekurangan bisa diperbaiki sambil jalan.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Usulkan SERR ke Pusat

Reza, ingin merubah image produk jadul tersebut, menjadi snack kekinian yang digandrungi kaum milenial. Karena itu, dia mengemasnya dalam wadah toples mungil dan cantik.

Ampyang cayang di pasarkan sejak Juni 2018, secara offline di berbagai outlet oleh-oleh seperti di Rek Ayo Rek, Siola, dan lain-lain. Dan juga secara online di facebook, whatssap, instagram, dan marketplace. Setiap bulan, sebanyak 200-300 toples berhasil di pasarkannya.

Ada kepuasan tersendiri dalam hati Reza, saat bisa melakukan sesuatu hal yang baru di luar aktifitas teknik yang selama ini diterjuninya. Hal ini, sama puasnya ketika dia mendampingi teman- temannya sesama pelaku Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM) mengurus perijinan.

Baca Juga: Tingkatkan Kepuasan Masyarakat, Satpas SIM Colombo Gaungkan Pelayanan Prima dan Transparansi

Banyak pelaku bisnis yang menjadi sumber inspirasi bisnis bagi Reza. Diantaranya, Bos TV Chairul Tanjung, dan pendiri Konimex group Junaedi Yusuf. Dari Junaedi Yusuf, Reza, belajar banyak tentang cara mendirikan usaha dari nol dengan semangat yang tinggi dan perhitungan yang matang. Dsy3

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU