Machfud Arifin Akan Wujudkan Harapan Seniman Surabaya

Ribuan seniman mengadukan nasibnya kepada Calon Wali Kota Surabaya nomor 2 Machfud Arifin. SP/Alqomaruddin.

SURABAYAPAGI, Surabaya - Surabaya dulu pernah menjadi kota seniman, banyak para seniman lahir dari Kota Surabaya. Namun belakangan ini nasib para seniman di kota Pahlawan belum jelas, tempat kreasi dan kreativitas paras seniman di Surabaya tinggal kenangan. THR (Taman Hiburan Rakyat) hanya tinggal nama. 

Dengan kondisi seniman yang makin parah tanpa perhatian dari pemerintah Kota Surabaya.  Ribuan seniman mengadukan nasibnya kepada Calon Wali Kota Surabaya nomor 2 Machfud Arifin.

Ketua DPD PAPPRI Jatim Sastra Harijanto Tjondrokusumo mengatakan, dengan kondisi seniman yang sangat memprihatinkan bahkan banyak para seniman dalam bertahan hidup harus merelakan barang-barang untuk mereka bekerja harus di jual. 

" Bahkan peralat untuk bekerja kita jual barang satu satunya harus dijual untuk hidup," ungkap pria yang akrab disapa Hari ini, Kamis (5/11).

Hari mengatakan, sebenarnya banyak potensi-potensi yang di Surabaya yang sebenarnya bisa dikembangkan. Tapi selama disia-siakan oleh Pemkot Surabaya. Dia berharap Surabaya kembali menjadi ikon Seniman. 

"Mudah-mudahan dengan adanya perubahan . Tempat pn menjadi ikon seniman di Surabaya seperti THR, dan Taman Remaja ini dapat dihidupkan kembali tempat kreativitas para seniman Surabaya," ungkapnya. 

Namun, lanjut Hari, jika seniman harus membayar tempat seperti balai pemuda para seniman sangat tidak mampu. Maka dari itu, seniman menginginkan perubahan yang mampu para seniman Surabaya ini berkarya dan berkreasi sehingga para seniman mampu menghidupi hidupnya sendiri. 

"Harapan kami seniman bisa bernafas lebih lega . diberikan kesempatan berkreasi," ungkapnya. 

Hari menegaskan, melihat sosok Machfud Arifin dengan kualitas bintang dua yang mempunyai trekrecor kepemimpinan yang luar biasa. "Kalau ada pilihan seperti ini kenapa disia-siakan," tegasnya. 

Sementara itu, Calon Walikota Surabaya nomor 2 Machfud Arifin mengatakan, seperti dalam tagline Machfud Arifin-Mujiaman maju kota ne makmur warga ne. " Jika seniman bisa kerja dan berkreasi kan bisa memberikan kemakmuran untuk para seniman," katanya. 

Machfud juga menegaskan, Machfud Arifin-Mujiaman akan mewujudkan harapan Seniman Surabaya. Kedepan akan kembali menghidupkan dan mengembangkan tempat-tempat ikon seniman ini. yang selama ini mati. 

" Kedepan kita akan menyediakan tempat dan ruang untuk rapat seniman untuk berkreasi. bangun kembali THR untuk para seniman Surabaya," kata mantan Kapolda Jatim ini. 

Menurut Machfud, Seniman ini mempunyai peran besar dalam mebangun kota Surabaya. "Kota itu harus ada senimannya, harus ada seninya. Kalau kota tanpa seniman itu hambar, seperti hidup tanpa cinta," terangnya. Alq