Madinah Siap Terima Jamaah Indonesia Gelombang Kedua

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 19 Jul 2022 15:31 WIB

Madinah Siap Terima Jamaah Indonesia Gelombang Kedua

i

Foto Ibadah Haji

SURABAYAPAGI.COM, Makkah - Kedatangan jamaah haji Indonesia gelombang kedua dari Makkah siap disambut oleh Madinah. Pada 21 Juli 2022, Jamaah haji Indonesia akan mulai bergerak menuju Madinah. Mereka akan menjalani ibadah Arbain (sholat berjamaah 40 waktu di Masjid Nabawi) sebelum pulang ke Tanah Air.

Arsad Hidayat selaku Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menjelaskan, bahwa panitia daerah kerja (Daker) Madinah sudah siap menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia yang berangkat pada gelombang kedua. Mereka sudah menempati pos dan sektornya masing-masing. 

Baca Juga: Grand Launching Panglima Ekspres Lounge, Tawarkan Kemudahan Umroh dan Haji

"Ada tiga sektor yang kita siapkan. Hotel-hotel sudah terjadwal seluruhnya. Kemudian, komunikasi dengan maktab/markaz dan transportasi juga sudah dilakukan agar di hari H nanti tidak ada kendala,” ujar Arsad di Jeddah, Senin (18/7/2002).

Baca Juga: Di Jombang, 339 Orang Belum Melunasi Biaya Haji 2024

Arsad pun menjelaskan bahwa ada perbedaan antara di Makkah dan Madinah terkait akomodasi jamaah. Jika di Makkah, panitia cukup longgar dalam menentukan besaran ukuran, hal tersebut tidak berlaku di Madinah.

Arsad melanjutkan bahwa di Madinah, pihak Baladiyah atau Pemerintah Kota telah menentukan kapasitas tempat tinggal jamaah. Hal itu dituangkan dalam surat tasrih. Jika dalam tasrih disebutkan per kamar harus diisi tiga jamaah, maka tidak boleh lebih. Jika ternyata diisi hanya dua jamaah, tetap harus bayar dengan harga tiga jamaah.

Baca Juga: Bertemu Arab Saudi, Dirjen Imigrasi Usul Layanan Istimewa Jamaah Haji di Bandara Solo dan Surabaya

“Madinah harus sesuai dengan ketentuan yang ditentukan pihak Baladiyah. Sehingga jika terkesan agak sempit, sebenarnya itu sudah sesuai ketentuan hotel yang resmi diterbitkan pihak pemerintah Arab Saudi,” tutur Arsad. mkh

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU