Magetan Diterjang Banjir, Kerugian Capai Rp 15 Miliar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 05 Apr 2021 15:28 WIB

Magetan Diterjang Banjir, Kerugian Capai Rp 15 Miliar

i

Bupati Magetan Suprawoto saat meninjau salah satu tanggul yang ambrol akibat banjir yang menerjang pada Selasa, 16 Maret 2021. SP/PEMKAB TUBAN

 

8 Jembatan Rusak dan Putus

Baca Juga: Polresta Sidoarjo Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Demak

 SURABAYAPAGI, Magetan – Banjir yang menerjang pada pertengahan Bulan Maret 2021 lalu di Magetan membuat  sedikitnya 8 jembatan rusak hingga putus. Bupati Magetan, Suprawoto mengaku mengalami kerugian mencapai  Rp 15 miliar rupiah. Kerugian  tersebut dihitung dari kerugian pokok infrastruktur saja.

”Kerugiannya untuk mengembalikan pokok infrastruktur saja Rp 15 miliar. Mudah mudahan bisa dibantu,” ujarnya, Senin (5/4/2021). 

Dia menjelaskan bahwa, hujan deras yang mengguyur Kabupaten Magetan pertengahan Maret lalu membuat  4  jembatan ambrol, 2 jembatan gantung putus dan 2 jembatan lainnya mengalami kerusakan. Dari 8 jembatan yang mengalami kerusakan baru 1 jembatan yang di perbaiki. 

Baca Juga: SKK Migas-PHE WMO Gelontor 1.000 Paket Sembako untuk Korban Banjir Bangkalan

“Yang Ngunut 85 persen, kalau Bogem masoh dalam perencanaan baru lelang,” katanya.

Sebelumnya Menteri Sosial Tri Rismaharini melihat angsung jembatan Ngunut yang beberapa waktu lalu terputus karena diterjang banjir. Untuk mengurangi dampak lebih lanjut dari banjir dan putusnya jembatan, Mensos menyarankan agar tebing sungai diperkuat dengan bronjong.

"Tadi saya sarankan menggunakan bronjong yang bisa mengurangi gesekan tanah, daripada menggunakan site pile. Bronjong itu mengikuti struktur tanah. Karena struktur tanahnya lemah sehingga tergerus air," katanya di lokasi jembatan putus

Baca Juga: Polres Gresik Salurkan Bantuan Ratusan Selimut bagi Korban Banjir Jawa Tengah

 Banjir di Kabupaten Magetan terjadi pada Selasa, 16 Maret 2021 lalu karena hujan deras dengan intensitas tinggi sehingga menyebabkan Sungai Beringin meluap menyebabkan 131 rumah di 9 desa  4 kecamatan terendam banjir. 

Sejumlah dapur dan kandang ternak milik warga hanyut terseret banjir. Banjir juga menyebabkan 8 jembatan mengalami kerusakan berat hingga putus dan teseret banjir.na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU