Mahasiswa Diminta Jadi Role Model Wirausaha Muda Kreatif

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 17 Mar 2021 16:33 WIB

Mahasiswa Diminta Jadi Role Model Wirausaha Muda Kreatif

i

Bupati YES saat berbicara di hadapan Mahasiswa Unisla dalam seminar Entrepreneur. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYA PAGI, Lamongan - Mahasiswa selain beraktivitas menimba ilmu, juga diharapkan mampu menjadi role model wirausaha muda yang kreatif dan inovatif, untuk menumbuhkan Entrepreneur baru yang bisa memajukan UMKM di Lamongan.

Hal itu disampaikan oleh Yuhronur Efendi bupati Lamongan saat menjadi pembicara kunci (keynote speaker), pada seminar kewirausahaan dan manajemen bertajuk Improve Your Creativity to be a Competitive Entrepreneur yang diselenggarakan Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Lamongan (UNISLA) di gedung UNISLA, Rabu (17/3/2021).

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

Disebutkan oleh YES untuk menjadi pengusaha yang kreatif dan inovatif, mahasiswa perlu didorong untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan yang sudah ada, melakukan pengembangan teknologi baru sehingga didapatkan penemuan pengetahuan baru dalam proses berwirausaha agar memiliki nilai lebih. 

YES mencontohkan, jika sebuah kopi akan berbeda harga tergantung pengemasan dan dimana ia dijual.“Jika kita bisa merubah barang atau produk dengan inovasi dan kreasi, seperti kopi yang harganya hanya 1.000 dengan proses kreativitas harga antara dijual di warung kopi biasa, café bahkan mall pasti berbeda. Di mall bisa mencapai 50.000 ribu,” terangnya.

1615972267874_IMG-20210317-WA00141615972267874_IMG-20210317-WA0014

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

Bupati bersama Mahasiswa Unisla Lamongan memamerkan makanan ringan yang dihasilkan Mahasiswa. SP/MUHAJIRIN KASRUN

Lebih lanjut diterangkan olehnya, Indonesia masih kekurangan wirausaha untuk mendorong penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi. Oleh karenanya dengan adanya seminar entrepreneur ini.

“Melihat lemahnya entrepreneur di Indonesia yang jumlahnya hanya 1,6 persen, salah satu usahanya yakni dengan seminar semacam ini. Mulai sekarang saya akan memberi virus kewirausahaan kepada para mahasiswa dan kepada siapapun bahwa profesi ini sangat mulia, karena turut menggairahkan perekonomian di negara kita,” ungkapnya.

Baca Juga: Hari Pertama Masuk, Layanan Publik Lamongan Mulai Beroperasi

Pada kesempatan tersebut, Bupati YES tak henti-hentinya menggelorakan gerakan “Ayo Beli Produk Lamongan” sebagai upaya untuk terus menggerakkan peningkatan ekonomi pasca pandemi Covid-19

“Pemerintah daerah dalam hal ini tentu akan mendorong mulai dari produksinya sampai pemasaran. Dalam hal produksi akan memberikan fasilitas pelatihan atau bantuan permodalan. Sedangkan pemasarannya sekarang mencoba membuka taman-taman tematik di beberapa titik supaya ada tempat pemasaran agar para UMKM tetap bergairah dalam produksi,” imbuhnya.jir

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU