Mahasiswa KKN Untag Surabaya Bantu Warga Desa Lowayu Gresik Dalam Pencegahan Penyakit Hewan Ternak Mulut dan Kuku (PMK)

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 29 Jun 2022 18:03 WIB

Mahasiswa KKN Untag Surabaya Bantu Warga Desa Lowayu Gresik Dalam Pencegahan Penyakit Hewan Ternak Mulut dan Kuku (PMK)

SURABAYAPAGI, Gresik - Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk tanggung jawab penerapan disiplin ilmu serta pencapaian implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Universitas 17 Agustus Surabaya, kampus yang dikenal sebagai kampus Merah Putih ini menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat KKN dalam setiap tahunnya..

 Kegiatan KKN ini bertemakan " Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan di Era Endemi". Tapi sayangnya di dalam kondisi saat ini, tidak sama dengan program KKN tahun  sebelumnya yang pelaksanaannya dilakukan secara berkelompok sekarang berubah menjadi secara individu mengingat masih adanya Covid -19 di Indonesia sehingga perlunya menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga: Empat Kampus di Surabaya, ikut Bergolak

 Oleh karena itu Rizal, mahasiswa Fakultas Hukum Untag di bawah bimbingan dari ibu Intan Dzikria, S.Kom., M.IM., Ph.D. Selaku dosen pembimbing tetap melaksanakan kegitan KKN. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, berkerjasama dengan para warga Desa Lowayu Kecamtan Dukun Kabupaten Gresik dalam upaya pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK). 

Baca Juga: Untag Surabaya: Tolak Politik Dinasti dan Intimidasi

“Allhamdullilah warga dari  Desa Lowayu dan warga RT 14 RW 04 sangat koorperatif dengan program pengabdian lewat KKN ini sehingga saya kemarin dapat mengobservasi dengan efisien dan maksimal, ada beberapa problem yang bisa kami koordinasikan dengan mitra seperti keresahan msyarakat desa tentang penyebaran penyakit pada ternak yaitu penyakit mulut dan kuku, dengan pengalam selama berogranisasi dan juga ilmu yang di ajarkan di kampus saya berharap ada tranfer ilmu sehingga ada pengambangan positif yang diterima oleh warga dan bisa menanggulangi penyebaran PMK yang kian meluas sehingga dalam program saya akan membantu pencegahan penyebaran penyakit pada ternak" ujar dari Rizal peserta KKN Untag Surabaya. 

Menurut Rizal pemyeberan penyakit PMK sangat meresahkan masyarakat Desa Lowayu. Oleh krena itu Rizal selaku mahasiswa Fakultas Hukum Untag Surabaya dalam progamnya membatu masyarakat Desa Lowayu khususnya di RT 14 RW 04 kecamatan Dukun Kabupaten Gresik untuk mencegah penyebaran penyakit pada hewan ternak atau bisa di sebut PMK.

Baca Juga: Mahasiswa TP UNESA Gelar Pelatihan Komik Digital

 #UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #Untukindonesia #UntagSurabayaKeren #EcoKampus #KampusKompeten

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU