Mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Unesa Sukses Jalankan Projek Digital Library di SDN Lidah Kulon 1 Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 16 Jun 2022 17:43 WIB

Mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Unesa Sukses Jalankan Projek Digital Library di SDN Lidah Kulon 1 Surabaya

i

Kegiatan sosialiasi Digital Library di SDN Lidah Kulon 1, Kamis (16/06/22). SP/SK

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Dalam menuntut ilmu tentunya banyak cara yang bisa dilalui. Salah satunya adalah dengan pengadaan sumber belajar secara online di era digitalisasi seperti sekarang ini. Maka dari itu, dengan adanya tugas mata kuliah Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Belajar yakni melakukan kegiatan digitalisasi perpustakaan di beberapa sekolah di daerah Surabaya dan sekitarnya.

Bapak Dr. Fajar Arianto, M.Pd., selaku dosen pengampu mata kuliah mengatakan, “Pengadaan program Digital Library ini akan memudahkan untuk mengakses buku-buku dan melatih kemampuan serta keahlian mahasiswa untuk terjun langsung ke lapangan,” tutur beliau saat memberi kelas pada Kamis (07/04) lalu.

Baca Juga: Dispendik Gandeng Dispendukcapil Filter Penduduk Dadakan

Langkah pertama yang kami ambil setelah mendapat penugasan adalah menghubungi kepala sekolah selaku penanggung jawab sekolah terkait yang akan dijadikan tempat untuk melakukan kegiatan digitalisasi perpustakaan (digital library). Dan pada hari selanjutnya, kami melakukan identifikasi permasalahan-permasalahan yang ada di sekolah. Dan ternyata, banyak PR yang harus kami kerjakan.

IMG_8085(1)_3IMG_8085(1)_3

Mahasiswa S1 TP Unesa bersama Kepala Sekolah SDN Lidah Kulon 1, Ibu Lis Lestari. Kamis (16/06/22)

Selain itu, Ibu Lis Lestari, selaku Kepala Sekolah SDN Lidah Kulon 1 mengatakan, “Dengan bantuan digital library yang diberikan oleh mahasiswa TP Unesa ini diharapkan akan sangat membantu kegiatan pembelajaran khususnya dalam hal literasi,” ujar beliau.

Setelah kurang lebih satu sampai dua bulan lamanya, kami berhasil menyelesaikan “Cakrawala Digital Library” milik SDN Lidah Kulon 1 Surabaya.

Baca Juga: Manfaatkan Aset, Pemkot Surabaya Bangun 8 Lokasi Wisata Rakyat 

Perpustakaan digital ini berisikan koleksi buku yang ada di sekolah yang kemudian didigitalisasikan, buku-buku dari kemdikbud, aturan tentang kurikulum merdeka belajar, buku-buku yang bersumber dari portal rumah belajar, serta video pembelajaran yang tertaut dengan YouTube.

Kesan yang kami terima setelah kegiatan sosialisasi adalah adanya sikap antusiasme dari guru-guru sekolah. Banyak respon positif tentang digital library yang kami kerjakan. Salah satunya adalah, “Tidak saya sangka sekolah kita, SDN Lidah Kulon 1 memiliki perpustakaan digital yang mana sebelumnya saja perpustakaan disini tidak terjamah dan terurus dengan layak,” Ujar salah seorang guru.

Selanjutnya, respon positif juga datang dari murid-murid SDN Lidah Kulon 1 ini. Salah satunya, “Terima kasih kak, perpustakaan kami menjadi lebih enak untuk dilihat,” tutur salah satu murid. Memang benar, kami juga melakukan penataan ulang buku beserta raknya, sehingga lebih enak untuk dipandang mata.

Ibu Lis Lestari, selaku Kepala Sekolah untuk terakhir kalinya menyampaikan, “Saya berterima kasih banyak atas kerja keras para mahasiswa untuk digital library di SDN Lidah Kulon 1 ini. Juga kepada Bapak Dr. Fajar Arianto, M.Pd., selaku dosen pengampu mata kuliah mahasiswa S1 TP ini. Saya harap ke depannya perpustakaan digital yang dikembangkan dapat digunakan sebaik-baiknya dan bermanfaat bagi semuanya,” Imbuhnya.

Baca Juga: Dampingi Siswa Inklusi, Guru di Surabaya Diberi Pembekalan

IMG_8085(1)_2IMG_8085(1)_2

Bersama Bapak Dr. Fajar Arianto, M.Pd., setelah kegiatan sosialisasi digital library, Kamis (16/06)

 Nah, sekilas untuk informasi mengenai kegiatan digital library di SDN Lidah Kulon 1. Untuk kegiatan digitalisasi perpustakaan di sekolah lain diantaranya adalah di SDN Manukan Wetan 1 Surabaya, SDN Klagen Sidoarjo, SDN Wedoro Waru, dan TK Al Husna Tanjungsari Surabaya. (Penulis: Sherly Kurnia, mahasiswa S1 TP Unesa)

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU